25 radar bogor

Erick Thohir Ingin Ada 15 Persen Bos Perempuan di Perusahaan BUMN

MEMIMPIN DC UNITED: Erick Thohir dan Jason Levien di Washington (10/7/2012) semasa mereka berdua menjadi pemilik DC United. (PATRICK ME DERMOTT/GETTY IMAGES/AFP)
MEMIMPIN DC UNITED: Erick Thohir dan Jason Levien di Washington (10/7/2012) semasa mereka berdua menjadi pemilik DC United. (PATRICK ME DERMOTT/GETTY IMAGES/AFP)

JAKARTA – RADAR BOGOR,  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ingin agar setidaknya ada 15 persen perempuan yang duduk di jajaran pimpinan perusahaan pelat merah. Sebab, hingga saat ini perempuan yang menjadi pucuk pimpinan masih sedikit yaitu baru sebesar 11 persen dari total bos di perusahaan BUMN.

Sementara pimpinan muda di BUMN khususnya direksi yang berusia di bawah 42 tahun baru sekitar 4 persen. Tahun ini ditargetkan bisa mencapai 5 persen.

Menteri BUMN Erick Thohir ingin agar pada 2023 mendatang, peran strategis perempuan yang ada di sejumlah BUMN mencapai 20 persen. Oleh karena itu, Erick memiliki kebijakan untuk meningkatkan porsi jabatan perempuan di BUMN.

“Tahun ini bisa 15 persen dan 2023 jadi 20 persen dari total,” ujarnya, Rabu (7/4/2021).

Menurut Erick Thohir, perempuan merupakan sosok yang terbiasa memiliki lebih dari satu peran. Contoh nyatanya adalah perempuan yang aktif dalam berkegiatan ekonomi sekaligus menjadi ibu rumah tangga dan mendidik anak-anaknya.

Erick pun berharap dengan makin besarnya porsi perempuan yang menjadi bos BUMN, maka potensi munculnya kasus pelecehan seksual bisa ditekan. Ini sekaligus memberikan perlindungan bagi pekerja perempuan.

“Agar bisa menjadi leader dan suasana bekerjanya harus baik,” ucapnya.

Sumber : Jawapos.com

Uploader : Septi Vina