25 radar bogor

Awas! Gelombang Tinggi, Kemenhub Keluarkan Maklumat Pelayaran

Gelombang tsunami
Gelombang tsunami
Ilustrasi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan Maklumat Pelayaran Nomor 44/PHBL/2021 tanggal 6 April perihal waspada bahaya cuaca ekstrem dalam tujuh hari ke depan.

”Untuk mencegah terjadinya kecelakaan kapal, diinstruksikan kepada seluruh syahbandar agar meningkatkan pengawasan keselamatan dan memantau kondisi cuaca setiap hari. Serta menyebarluaskan hasil pemantauan kepada pengguna jasa,” ujar Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad kemarin.

Jika kondisi cuaca membahayakan keselamatan pelayaran, Ahmad meminta syahbandar tidak menerbitkan surat persetujuan berlayar (SPB).

Kegiatan bongkar muat barang juga harus diawasi secara berkala agar tertib dan lancar. Para nakhoda juga memiliki kewajiban untuk memantau kondisi cuaca, baik sebelum maupun selama berlayar.

Hal tersebut penting agar nakhoda dapat mengantisipasi, mencatat, dan melaporkannya kepada stasiun radio pantai alias SROP terdekat.

”Apabila saat berlayar terjadi cuaca buruk, kapal harus segera berlindung di tempat yang lebih aman dan segera melaporkannya kepada syahbandar dan SROP terdekat,” imbuhnya.

Ahmad berharap tidak ada kejadian kecelakaan kapal yang disebabkan cuaca buruk dan gelombang tinggi. Namun, kapal patroli KPLP dan kapal navigasi tetap disiagakan jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di laut. (*)

Sumber : jawapos.com
Editor : Yosep