Beranda Kuliner Warung SaeNur, Resto Unik di Tengah Sawah

Warung SaeNur, Resto Unik di Tengah Sawah

Warung SaeNur berada di tengah hamparan padi di Sukamakmur. (IST)

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Jika anda warga Jabodebek yang kebetulan hendak berwisata ke Kabupaten Bogor, khususnya bagian timur, tidak ada salahnya mencoba destinasi wisata kuliner yang berada di tengah area pesawahan di Kecamatan Sukamakmur.

Dengan keunikan tersendiri karena memiliki interior yang elegan, eksotik dan punya ciri khas karena berada di tengah sawah!

Namanya adalah Warung SaeNur, Restoran ini berada di Kampung Loji, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Lokasinya di pinggir jalan raya Cibadak, jika dari pusat Pemerintah Kabupaten Bogor berjarak 33 km atau ditempuh dengan bersepeda motor sekitar 1 jam.

Warung SaeNur merupakan singkatan dari pemilik restonya yakni Saepulloh dan Nurjanah. Restoran ini terbilang cukup unik, sebab lokasinya di tengah persawahan yang di sekelilingnya diapit pegunungan. Hamparan padi berwarna hijau di pedesaan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Tidak hanya itu, di resto tengah sawah itu juga menyediakan fasilitas berkuda. Jadi sambil menunggu pesanan, kita bisa menunggai kuda. Tenang tarifnya cukup terjangkau, untuk dewasa hanya Rp40 ribu dan untuk anak-anak Rp.30 ribu saja. Dengan jarak tempuh 400 meter, rutenya dari resto sampai ke kandang kuda, lalu kembali lagi ke resto.

Pengelola Warung SaeNur, Dodi menceritakan sejarah berdirinya restoran tersebut. Ia mengatakan, sebelum bangunan ini menjadi resto seperti sekarang, dulunya adalah villa.

Salah satu menu andalan Warung SaeNur. (IST)

“Dialihfungsikan karena melihat disini banyak tempat wisata. Jadi kita manfaatkan saja,” kata Dodi.

Resto di tengah sawah ini resmi beroperasi pada Maret 202, atau kurang lebih baru satu bulan. Tapi namanya sudah mulai menggaung dan mulai viral di media sosial.

“Di masa pandemi ini kita tak boleh tinggal diam tetap harus semangat berjuang meningkatkan ekonomi masyarakat, agar segera pulih,” tegas Dodi.

Resto tengah sawah itu buka setiap Sabtu dan Minggu. Untuk hari Sabtu Warung Saenur buka mulai pukul 07.00-21.00 WIB dan untuk hari Minggu mulai pukul 06.00-19.00 WIB. Adapun untuk menu makanan tergolong murah karena harganya mulai Rp2 ribu sampai Rp32 ribu saja.

“Menunya kita sesuaikan dengan kantong, jadi nggak usah ragu dan khawatir mahal. Memang kalau dilihat dari luar mungkin pikir calon pembeli, wah tempatnya bagus pasti mahal. Tapi tenang aja, untuk harga terjangkau,” tambah Dodi.

Adapun menu makanan best seller di Warung Saenur juga tergolong murah yakni Nasi Bakar Suwir Rp.12 ribu per porsi. Hingga Sop Iga Sayur Asem+Nasi hanya Rp.32 per posri. Menu makanan lainnya juga disediakan seperti Pecak Ikan Mujaer, Tahu Gejrot, Ayam Goreng Kampung dan lainnya. (*)

Editor : Muhammad Ruri Ariatullah