Beranda Bogor Raya Terus Tuai Kritik, Perumda Tirta Kahuripan Bakal Layani Jaringan di Tiga Kecamatan

Terus Tuai Kritik, Perumda Tirta Kahuripan Bakal Layani Jaringan di Tiga Kecamatan

ILUSTRASI: Kantor Perumda Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. 

CIBINONG-RADAR BOGOR, Dituntut perluas pelayanan jaringan, Perumda Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor terus memperbaiki kinerjanya dengan merencanakan pasang layanan jaringan baru di tiga kecamatan. Kondisi ini, karena masih ada 14 kecamatan yang belum mendapatkan layanan jaringan pipa.

“Jadi kita akan ada penambahan jaringan di wilayah barat, Utara dan Timur. Tentunya pada saat pemasangan pipa memerlukan pengecekan dan pendeteksian di lokasi tanah tersebut,” kata Direktur Perumda Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Hasanudin Tahir.

Namun karena pihaknya pengalaman tentang pipa tentunya jenis pipa juga akan dipergunakan seperti hdpee, kelenturan pipa tersebut. “Nanti yang akan dilayani di 2021 ada Kecamatan Parung, Tenjolaya, dan Klapanunggal,” katanya.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

selain itu ia menjelaskan, untuk di Tenjolaya sedang disiapkan unit produksi, artinya semua sudah disiapkan dilahan yang ada sumber mata air dan kemudian wilayah Klapanunggal ada pembangunan sistem air minum, unit produksi dan jaringan pipa melalui bantuan pemerintah pusat.

“Jadi Parung, Tenjo dan Tenjolaya disiapkan unit produksinya, kita menyiapkan lahan ada sumber mata airnya. Karena, kalau Parung, salah satu yang akan kita layani perumahan grand Parung Residence diperbatasan dengan Depok,” tegasnya.

Ia menuturkan, bahwa Perumda air minum kahuripan belum memiliki spam untuk melayani kedalam perumahan itu dan akan bekerjasama dengan PDAM kota Depok. “Nantinya kita akan membeli air dari mereka, tapi ke pelanggan kita yang melayani karena berada dilingkungan kita,” cetusnya.

Ketika ditanyai mengenai pipa sering bocor ia mengaku, kalau dilihat dari sisi usia yaitu usia pipa pipaan pada tahun 1922 pada waktu dibangun masih zaman Belanda. Nantinya petugas berusaha untuk menekan kehilangan air dari aspek teknis melalui perbaikan dan penggantian pipa yang diusia cukup tua.

“Kalau jumlahnya kita masih dalam kajian, bahkan sudah berjalan di jaringan perpipaan sekitar Soleh Iskandar ada jaringan pipa yang posisinya ada ditengah yang mengakibatkan sekitar perbaikan akan dicor dan direlokasi supaya memudahkan perbaikan pipa,” pungkasnya.(nal)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Alpin