25 radar bogor

Masjid Agung Hingga TPT Cigede Kulon Jadi Prioritas Pembangunan

Walikota Bima Arya

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus menggenjot penataan infrastruktur. Tahun ini, ada sekitar 10 titik di pusat kota yang menjadi prioritas pekerjaan infrastruktur.

Diantaranya, kelanjutan pembangunan Masjid Agung, rekonstruksi jembatan jalan Kencana, Kelurahan Kayu Manis dan perbaikan Tembok Penahan Tanah (TPT) Cigede Kulon, Kelurahan Mekarwangi.

Pemkot menganggarkan Rp 32 Miliar dari APBD 2021 untuk membangun Masjid Agung yang dimulai dari pondasi atap struktur baru sesuai rekomendasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Prosesnya saat ini, pembangunan Masjid Agung sudah dilakukan lelang untuk konsultan pengawas sejak Februari lalu. Saat ini hanya tinggal menunggu penetapan pemenangnya.

“Sedangkan untuk konstruksinya kita masih menyelesaikan administrasi yang disesuaikan dengan Permen PUPR yang menyangkut persyaratan tambahan maupun Permendagri yang menyangkut keuangan daerah,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Chusnul Rozaqi usai rapat evaluasi di kantornya, Senin (5/4/2021).

Jika tak ada halangan berarti, lelang akan dimulai pada pekan kedua bulan April ini. Sehingga pada bulan Mei mendatang, pemenang lelang sudah diketahui untuk melanjutkan pekerjaan fisik pada bulan berikutnya.

Detail pengerjaannya sendiri, pada Masjid Agung akan dilakukan pemasangan atap sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian PUPR. Dimana pada pembangunan atap ini tidak boleh membebani struktur yang lama. Sehingga pembangunan akan dimulai dari pondasi struktur awal, sampai kepada struktur atap dan atapnya sendiri.

Selain itu, Pemkot juga akan merekonstruksi jembatan jalan Kencana Kelurahan Kayumanis dan memperbaiki TPT Cigede Kulon Kelurahan Mekarwangi.

“Untuk rekonstruksi Jembatan Jalan Kencana Kayumanis pagu anggaran Rp 396.643.000, akan diajukan lelang. Sementara perbaikan TPT Cigede Kulon Kelurahan Mekarwangi pagunya Rp 953.000.000,” ujar Chusnul.( Prokompim)