25 radar bogor

Dede Yusuf Klaim 85 Persen Orang Tua di Bogor Setuju Sekolah PTM

Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf Macan Effendi. (Bagus Ahmad Rizaldi/Antara)
Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf Macan Effendi. (Bagus Ahmad Rizaldi/Antara)

JAKARTA – RADAR BOGOR,  Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf mengklaim orang tua siswa di Kabupaten Bogor setuju pelaksanaan sekolah dengan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Jumlahnya disebut mencapai 85 persen.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu menyebut bahwa 85 persen orang tua murid di Kabupaten Bogor setuju PTM berdasar data yang dipaparkan Pemkab Bogor. Buktinya sejak awal Maret 2021, sudah ada sekolah yang menyelenggarakan PTM dengan tetap disiplin protokol Kesehatan.

“Dari data yang dipaparkan di Kabupaten Bogor sekitar 72 persen sampai 85 persen orang tua menginginkan sekolah tatap muka. Dan ini sudah dilakukan sejak awal maret oleh beberapa sekolah,” ujar Dede dalam keterangannya, Senin (5/4/2021).

Berdasar data yang dimiliki Dede Yusuf, teradapat 170 sekolah yang sudah siap menyelenggarakan sekolah tatap muka. Angka itu merupakan pengerucutan dari 250 sekolah yang diusulkan untuk dibuka. Pengerucutan jumlah sekolah itu menandakan prokes sudah siap sebagai prasyarat sekolah tatap muka. Misalnya sekolah sudah dilengkapi dengan tempat cuci tangan, masker, dan pembatas ruangan.

“Ini membuat anak-anak (siswa) dan juga orang tua bergembira. Bahkan komite sekolah siap sedia untuk menjadi gugus tugas Covid-19 di sekolah. Artinya, sekolah-sekolah itu sudah membuat suasana sekolah agar anak-anak ini mau hadir dan menyenangkan,” ungkap dia.

Dalam penerapan protokol kesehatan di sekolah, mantan aktor itu memberi catatan. Yakni, meskipun sudah ada SKB 4 Menteri, bukan berarti sekolah otomatis melaksanakan pembelajaran tatap muka. “Sekolah yang mengikuti pembelajaran tatap muka harus memenuhi daftar periksa dari Kemendikbud,” tegas Dede.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menyampaikan bahwa saat ini di wilayahnya sudah ada 170 sekolah yang melakukan uji coba PTM terbatas. Mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA pada 9 Maret-10 April 2021. Sejauh ini tidak ada kendala yang signifikan dalam pelaksanaan PTM Terbatas ini.

Terkait vaksinasi untuk tenaga pendidik guru dan dosen yang berjumlah 66.240 orang, per 30 Maret 2021 tenaga pendidik yang sudah divaksin mencapai 33,379 orang. “Sekira 50,39 persen yang sudah divaksin di lingkup Kabupaten Bogor. Kami akan gencarkan vaksinasi di bulan-bulan mendatang sehingga bulan juli nanti bisa menggelar PTM,” pungkasnya.

Sumber : Jawapos.com

Uploader : Septi Vina