25 radar bogor

Belajar Aman Saat Pandemi, UNB Gelar Webinar Mahasiswa Peserta KKNT

UNB
Webinar secara daring oleh mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) UNB Tahun Akademik 2020/2021, Sabtu (3/4/2021).
UNB
Webinar secara daring oleh mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) UNB Tahun Akademik 2020/2021, Sabtu (3/4/2021).

BOGOR–RADAR BOGOR, Pandemi  global virus corona yang telah berlangsung selama setahun membuat banyak gangguan pada aktivitas keseharian normal masyarakat Indonesia.

Sekolah dan lembaga pendididkan tidak diperkenankan mengadakan pembelajaran tatap muka, serta pandemi juga menghambat alur distribusi kebutuhan sehari-hari khususnya bahan pangan yang berdampak pada pemenuhan kebutuhan gizi harian masyarakat.

Universitas Nusa Bangsa (UNB) turut berperan aktif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terutama sekitar kampus tentang perkembangan isu pandemi Covid-19, agar aktivitas warga dapat berjalan normal kembali, khususnya di bidang pendidikan dan ketahanan pangan.

Berkaitan dengan hal tersebut pada Sabtu (3/4/2021) telah dilaksanakan webinar secara daring oleh mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) UNB Tahun Akademik 2020/2021.

Kegiatan webinar dengan mengusung tema ‘Pangan aman belajar nyaman pada masa pandemi Covid-19’. Kegiatan webinar KKNT merupakan kegiatan gabungan dari tiga kelompok yaitu kelompok 1, 2 dan 8 berlokasi di Kelurahan Cibadak, Kedung Waringin dan Kelurahan Kencana, kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Narasumber webinar  yaitu, Drs. Hanafi. M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor dengan materi Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa Pandemi Covid-19.

Kemudian, Dr. Ir. Faizal Maad, M.Si Dosen Faperta dan Pasca sarjana Universitas Nusa Bangsa dengan materi  ‘Ketahanan Pangan Pada Masa Pandemi Covid-19’.

Serta dr. Prasasti Purnandhiah, Sep.Rad tentang ‘ Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Berkaitan dengan Kesehatan’. Selain itu masing-masing ketua kelompok menyampaikan hasil kegiatan selama KKNT melalui tayangan video.

Kegiatan webinar dihadiri sebanyak 62 orang, terdiri dari aparatdesa, karang taruna, Guru, masyarakat ketiga lokasi KKNT dan mahasiswa peserta KKNT, serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Tun Susdiyanti,  Dian Arisujana dan Iis Annisa Yulia. Peserta webinar terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan webinar dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.

Dalam sambutannya Dr. Zainal Muttaqin, MPselaku Ketua LPPM UNB menyatakan bahwa kegiatan KKNT di masa pandemi dilaksanakan secara daring dan luring terbatas, namun tidak mengurangi komitmen dalam melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui KKNT.

Lebih lanjut menurut ketua pelaksana webinar Hafiq Gani Porta bahwa kegiatan webinar ini merupakan rangkaian kegiatan akhir KKNT yang bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesiapan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 dan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai lumbung pangan keluarga. (*)

Editor : Yosep