25 radar bogor

Ini Jenis Senjata yang Digunakan Pelaku Menyerang Mabes Polri

Terduga teroris yang tewas ditembak di Mabes Polri, Rabu (31/3/2021) sore. Istimewa
Terduga teroris yang tewas ditembak di Mabes Polri, Rabu (31/3/2021) sore. Istimewa

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono memastikan, jenis senjata yang digunakan teroris penyerang Mabes Polri berinisial ZA adalah jenis airgun berkaliber 4,5 MM.

Hal itu dipastikan setelah melakukan pendalaman dan pengecekan dari uji labfor atas sejumlah barang bukti yang ditemukan.

“Dari hasil pengamatan gambar senjata yang dipergunakan pelaku jenis pistol Airgun BB bullet call 4,5mm,” kata Argo dalam keterangannya, Jumat (2/4/2021).

Argo menyampaikan, aparat kepolisian sampai saat ini masih terus melakukan penyelidikan terkait asal-usul senjata airgun tersebut, bisa didapatkan oleh pelaku. Apalagi, saat ini pelaku telah meninggal dunia karena aksi terornya tersebut.

Sehingga, diperlukan pendalaman untuk mengetahui darimana senjata itu diperoleh. “Asal senjata masih diselidiki. Karena yang bersangkutan sudah meninggal,” ujar Argo.

Senjata airgun menggunakan gas Co2 sebagai pendorong peluru. Airgun sendiri adalah salah satu jenis senjata angin. Mekanisme yang digunakan untuk menembak memanfaatkan tekanan angin. Hal yang sama bisa ditemukan pada senapan angin atau airsoft gun.

Airgun lebih memiliki kekuatan dan lebih berbahaya ketimbang airsoft gun. Jika ditembak dari jarak dekat, airgun bisa melukai atau bahkan mematikan orang. (*)

Sumber : jawapos.com
Editor : Yosep