25 radar bogor

Suka Sains

Muhammad Darmansyah
Muhammad Darmansyah

BEKASI – RADAR BOGOR, Keinginan Muhammad Darmansyah meraih prestasi dalam bidang sains terwujud. Pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020, remaja yang kini berusia 17 tahun ini berhasil membawa pulang medali perak.

Siswa kelas XII SMAN 1 Kota Bekasi ini mengaku, sejak kecil keingintahuannya terhadap mata pelajaran sains cukup besar. Ia banyak mendapatkan pengetahuan dari orang tuanya.

“Dari kecil saya suka penasaran tentang hal-hal yang berbau sains, makanya orang tua saya juga suka ngasih saya buku bacaan mulai dari novel sampai komik serial pengetahuan,” ungkap- Darmansyah begitu sapaan akrabnya.

Ketika SMP, pelajar yang hobi membaca ini kerap mengikuti kompetisi sains. Namun setiap lomba yang diikuti, dirinya belum berkesempatan meraih gelar juara.

“Dari kekalahan itu saya bertekad untuk menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Pengalaman serupa dialami pada 2019 saat dirinya mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Meskipun kalah, dirinya banyak mendapatkan dukungan dari orang tua maupun orang-orang sekitar agar tetap semangat mengikuti lomba berikutnya.

“Saya belajar dari teman yang sudah menang dan mencoba untuk mengikuti metode pembelajaran itu,” katanya.

Barulah pada KSN 2020 secara daring dirinya berhasil meraih prestasi membanggakan. Hal itu berkat usaha dirinya pandai membagi waktu antara belajar dan istirahat.

“Sebelumnya saya terlalu diporsir sehingga ketika perlombaan hadir tidak maksimal,” ungkapnya. (dew)

Sumber : Radarbekasi.com

Uploader : Septi Vina