25 radar bogor

Cueki Surat Teguran Satpol PP, Puluhan Lapak PKL Pasar Jasinga Dibongkar Paksa

Bongkar-lapak
Petugas Satpol PP saat membongkar 23 lapak Pedagang Kali Lima (PKL) di Pasar Jasinga Rabu, (31/3/2021) pagi. UCOK/RADAR BOGOR
Bongkar-lapak
Petugas Satpol PP saat membongkar 23 lapak Pedagang Kali Lima (PKL) di Pasar Jasinga Rabu, (31/3/2021) pagi. UCOK/RADAR BOGOR

JASINGA – RADAR BOGOR, Sebanyak 23 lapak Pedagang Kali Lima (PKL) di Pasar Jasinga ditertibkan Satpol PP pada Rabu, (31/3/2021) pagi.

PKL itu ditertibkan lantaran melanggar aturan dengan berjualan di atas trotoar dan saluran irigasi.

Kasie Trantib Kecamatan Jasinga, Herlan Dimyatie mengatakan, operasi tertib pasar terpaksa dilakukan di Pasar Jasinga lantaran para PKL itu tidak mengindahkan surat teguran yang dilayangkan Satpol PP Kabupaten Bogor.

“Sebelumnya, kami bersama Satpol PP Kabupaten Bogor telah memberikan surat teguran kepada para pedagang agar membongkar sendiri lapak dagangannya,” ujarnya usai penertiban.

Namun dari total 38 pedagang yang diberikan surat teguran, hanya 15 pedagang yang sukarela membongkar lapak dagangannya sendiri.

“Ada total 38 pedagang yang kami berikan dengan jeda waktu 6 hari sejak diberikan surat tersebut, dan sisanya 23 bangunan kami bongkar bersama dengan Satpol PP Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Dalam penertiban tersebut, beberapa perwakilan pedagang meminta penangguhan pembongkaran tidak dilakukan hari ini. Namun hal itu tidak digubris aparat penegak perda, dan pembongkaran tetap dilakukan.

Sementara itu, selain penertiban lapak PKL, Srikandi Satpol PP Kabupaten Bogor pun melakukan sosialisasi protokol kesehatan di area Pasar Jasinga. Sebanyak 120 pcs masker dibagikan ke para pedagang dan pengunjung pasar.

“Ini adalah rangkaian dari Operasi Tertib Pasar, selain pembongkaran PKL yang berdiri di atas trotoar ataupun saluran irigasi, sosialisasi protokol kesehatan dan pembagian masker pun kita lakukan” tutur Kepala Seksi Pengendalian Operasional Satpol PP Kabupaten Bogor Rhama Kodara.

Rhama berharap, Operasi Tertib Pasar dapat meningkatan kesadaran masyarakat untuk tidak mendirikan bangunan di atas lahan yang bukan untuk diperuntukannya.

“Serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku,” tandasnya.(cok)

Reporter : Septi NUlawan Harahap
Editor : Yosep