25 radar bogor

Tiga Perempuan Diamankan Diduga Terlibat Aksi Bom Bunuh Diri di Makassar

Terduda teroris akan ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) khusus tindak pidana terorisme di Cikeas, Kabupaten Bogor.
ILUSTRASI: Terduda teroris akan ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) khusus tindak pidana terorisme di Cikeas, Kabupaten Bogor.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap tiga terduga teroris yang terlibat dalam aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan. Kini, terdapat tujuh terduga teroris yang diamankan usai bom bunuh diri tersebut.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan menyampaikan, tiga terduga teroris yang diamankan masing-masing berinisial MM, M, dan MAN. Ketiganya merupakan seorang perempuan.

“Updatenya bertambah tiga tersangka. Mereka adalah perempuan,” kata Ramadhan di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (30/3).

Ramadhan menyampaikan, tiga terduga teroris itu mempunyai peran yang berbeda. MM berperan memotivasi pelaku bom bunuh diri, yakni L dan YSF untuk melakukan amaliah. “Saudara MM ini survei, artinya sudah direncanakan titik dilakukannya aksi amaliah,” ungkap Ramadhan.

Kemudian M kakak ipar dari terduga teroris berinisial SAS yang lebih dahulu ditangkap. Mereka sama-sama mengikuti kajian di Villa Mutiara Makassar.

Selanjutnya MAN berperan memantau L dan YSF saat melakukan aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar. Dia pun mengetahui kalau L dan YSF menggunakan motor saat melancarkan aksinya.

“Jadi untuk sementara ini pengembangan di Makassar, tujuh orang dalam proses penyidikan, kemudian meninggal dua orang,” pungkas Ramadhan.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin