Beranda Pendidikan Siswa SMA Mulai US

Siswa SMA Mulai US

UJIAN: Siswa SMAN 7 Kota Bekasi mengikuti US secara daring pada hari pertama di rumahnya, Senin (29/3). FOTO: ISTIMEWA

 BEKASI – RADARBOGOR, SMA di Kota dan Kabupaten Bekasi serentak mulai melaksanakan Ujian Sekolah (US) secara daring, Senin (29/3). Ujian yang diikuti oleh siswa kelas XII ini berlangung hingga Rabu (7/4).

Siswa SMAN 7 Kota Bekasi Zahra mengaku, tak menemui kesulitan saat mengerjakan soal US pada hari pertama. Sebab, sebelumnya ia telah memperoleh materi topik ujian dari gurunya.

“Alhamdulillah tidak ada kesulitan, karena udah dikasih kisi-kisinya juga sama sekolah,” ujarnya kepada Radar Bekasi, kemarin.

universitas pakuan unpak

Pada hari pertama, dirinya mengerjakan soal pada dua mata pelajaran. Yakni Matematika dan Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan waktu pengerjaan yang diberikan selama satu jam.

Saat mengerjakan soal pada mata pelajaran Matematika, dirinya membutuhkan waktu yang cukup lama. “Tadi memang cukup lama mengerjakan di pelajaran Matematika karena hitung-hitungan. Tapi alhamdulillah bisa keisi semua, walaupun tidak tahu hasilnya nanti,” ungkapnya.

Wakil Kepala SMAN 7 Kota Bekasi Bidang Kurikulum Acep Hadi menjelaskan, pihaknya membuat jadwal US dua mata pelajaran setiap hari dengan masing-masing waktu pengerjaan selama 60 menit agar tidak membebani siswa.

“Karena dua mata pelajaran itu udah efisien banget untuk siswa dalam pelaksanaan US ini. Kalo diberikan lebih dari dua mata pelajaran takutnya tidak maksimal,” katanya.

Setiap mata pelajaran terdapat 30-40 soal. Siswa dapat mengerjakan soal US melalui perangkat gawai maupun laptop dengan dukungan jaringan internet yang memadai. US dilaksanakan pada pagi hari mulai pukul 07.30 WIB.

“Jadi kami memulai US ini di pagi hari agar siswa juga fresh dalam mengerjakan soal-soal pada setiap mata pelajaran,” tuturnya.

Di SMAN 7 Kota Bekasi, US diikuti oleh 307 siswa kelas XII. US wajib di ikuti oleh seluruh peserta didik, sebab sebagai salah satu penentu kelulusan pada tahun ajaran 2020/2021.

“Seluruh siswa kami harus pastikan ikut semua, Karena ini salah satu penilaian untuk kelulusan,” tukasnya.

Kepala SMAN 4 kota Bekasi Rusti Setiyarti mengatakan, pelaksanaan US pada hari pertama berjalan dengan baik. Sejumlah 390 siswa kelas XII mengikuti ujian.

“Alhamdulillah lancar menurut pantauan hari ini. Semua siswa kelas XII dapat mengikuti semuanya,” katanya.

Tak berbeda, mata pelajaran pada US hari pertama di SMAN 4 Kota Bekasi ialah Matematika dan PAI. Namun, waktu pengerjaan soal yang diberikan lebih lama selama 90 menit untuk setiap mata pelajaran.

“Untuk hari ini (kemarin,Red) dua mata pelajaran, kami mulai di pukul 07.30. Untuk hari selanjutnya juga 2 mata pelajaran, hanya hari terakhir yang satu mata pelajaran,” tuturnya.

Ia menyampaikan, sebelum US dilaksanakan pihaknya sudah menghimbau kepada siswa agar fokus mengerjakan soal. “Kita sekolah meminta agar siswa fokus dalam pelaksanaan US ini, karena US ini adalah salah satu penilaian untuk kelulusan siswa tahun ini,” tukasnya. (dewi) (*)

 

Sumber : RADARBEKASI.ID. COM

Uploader : PKL – Siska setiawati