25 radar bogor

Seret di Timnas, Harga Pasaran Erling Haaland Turun Signifikan

Piala Dunia 2022
Striker Norwegia Erling Haaland menjagokan 4 negara juara Piala Dunia 2022 Qatar.
Striker Norwegia Erling Haaland hilang keseimbangan saat mengejar bola dalam laga melawan Turki di La Rosaleda kemarin. (Jorge Guerrero/AFP)

LA ROSALEDA – RADAR BOGOR, Musim ini, Erling Haaland tampil garang bersama Borussia Dortmund. Striker 20 tahun itu mencetak 33 gol plus 8 assist dari 31 penampilan membela Dortmund di semua ajang.

Sampai-sampai Dortmund mematok harga setinggi langit atau mencapai EUR 180 juta (Rp 3,06 triliun) untuk klub peminat Haaland. Padahal, market value Haaland di Transfermarkt berada di kisaran EUR 110 juta (Rp 1,87 triliun).

Banderol kelewat mahal Haaland itu pun seolah menjadi guyonan ketika di awal kualifikasi Piala Dunia 2022, Haaland tidak tampil segarang bersama Dortmund. Dua kali membela Norwegia dalam dua laga awal di grup G, Haaland belum mencatatkan namanya di papan skor.

Ketika Norwegia mengalahkan tim gurem Gibraltar 3-0 pada matchday pertama (25/3/2021), Haaland tidak ikut berkontribusi gol. Apalagi saat menghadapi Turki di Estadio La Rosaleda, Malaga, kemarin (28/3/2021) lantaran Norwegia malah kalah tiga gol tanpa balas.

Sebelumnya, dalam tiga matchday kualifikasi Euro 2020, Haaland juga scoreless. Performanya itu punya andil gagal meloloskan Norwegia ke Euro yang baru bisa dihelat tahun ini.

”Ada kalanya dia (Haaland, Red) menjalani periode fantastis dalam karirnya. Dua matchday (kualifikasi Piala Dunia 2022, Red) bersama kami adalah ketika dia menjalani fase buruk. Terlepas kami juga sangat buruk dalam kepercayaan diri di lapangan,” papar pelatih Norwegia Stale Solbakken kepada Netta Visen.

Gara-gara paceklik gol dalam dua laga itu pula, market value Haaland langsung anjlok. Tadi malam, El Mundo Deportivo melansir bahwa harga Haaland saat ini ”hanya” EUR 75 juta (Rp 1,27 triliun).

Nominal itu sama dengan klausul pelepasan Haaland dari Dortmund. Di sisi lain, kontrak mantan striker RB Salzburg tersebut masih berlaku hingga tiga tahun ke depan. Hanya, klausul pelepasan Haaland baru aktif tahun depan.

”Usianya masih sangat muda. Faktor psikisnya masih rentan terguncang,” tulis El Mundo Deportivo memberikan analisis.

Contoh psikis Haaland yang labil terlihat dalam laga terakhir bersama Dortmund. Tepatnya melawan FC Koeln di Bundesliga (20/3/2021). Haaland marah-marah kepada timnya saat menuju lorong ruang ganti pada akhir laga. Pemicunya, Haaland kesal lantaran dua golnya hanya berujung hasil seri 2-2.

Sumber : jawapos.com

Uploader : Septi Vina