25 radar bogor

Pertama Menang, Pertama Ada Penonton, Pertama Dipimpin Wasit Perempuan

Fans Belanda bisa mendukung langsung tim kesayangannya di Johan Cruijff ArenA kemarin. (Maurice Van Steen/AFP )
Fans Belanda bisa mendukung langsung tim kesayangannya di Johan Cruijff ArenA kemarin. (Maurice Van Steen/AFP )

BELANDA – RADAR BOGOR, Kemenangan Belanda di kualifikasi Piala Dunia 2022 kemarin (28/3/2021) mencatatkan serba-pertama.

Bukan hanya kemenangan pertama setelah dalam matchday pertama takluk 2-4 di kandang Turki (25/3/2021). Melainkan juga untuk kali pertama pertandingan kualifikasi Piala Dunia dipimpin wasit perempuan, Stephanie Frappart.

Selain itu, untuk kali pertama selama pandemi Covid-19, fans Oranje diperbolehkan datang ke Johan Cruijff ArenA.

Dalam kemenangan 2-0 atas Latvia kemarin, sebanyak 5 ribu penonton mendukung perjuangan Georginio Wijnaldum dkk. ’’Mereka boleh datang untuk bernyanyi, berteriak dengan keras, dan meminum bir. Bahkan, tanpa (kewajiban memakai) masker,’’ tutur Bert Blocken, ketua peneliti Technische Universiteit Eindhoven (Universitas Teknologi Eindhoven), seperti dilansir NU.

TUE digandeng Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) untuk mendukung kesuksesan Johan Cruijff ArenA sebagai salah satu tuan rumah Euro 2020.

Susunan sistem yang jadi jaminan keberhasilan Amsterdam dalam menggelar laga Euro itu sudah harus diserahkan ke UEFA pada 7 April nanti. Dua pekan kemudian, UEFA bakal menyampaikan penilaian.

Karena itu, sistem yang diberlakukan Johan Cruijff ArenA kemarin bisa jadi gambaran. Dari 5 ribu fans, seluruhnya harus menunjukkan hasil tes negatif via aplikasi CoronaCheck yang dikembangkan pemerintah Belanda. Hanya yang negatif yang boleh membeli tiket.

Adanya jaminan pembeli tiket itu juga membuat mereka dibebaskan dari physical distancing 1,5 meter di dalam stadion. Hanya, 5 ribu fans itu tetap dibagi dalam beberapa gelembung. Di setiap gelembung, perlakuannya berbeda. Ada yang boleh melepas masker, ada pula yang harus tetap memakai masker.

Riset yang dilakukan TUE tak sekadar menjadikan uji usap dan gelembung sebagai atensi utama. Fasilitas saluran udara untuk penonton di Johan Cruijff ArenA juga diperhatikan. ’’Ventilasi stadion yang bagus dapat membatasi penyebaran virus,’’ ucap Blocken.

Pertandingan kemarin jadi laga terakhir yang dimainkan di Johan Cruijff ArenA sebelum kickoff Euro 2020 pada 14 Juni mendatang melawan Ukraina. Laga Georginio Wijnaldum dkk selanjutnya adalah di kandang Gibraltar, Victoria Stadium, pada Rabu dini hari (31/3/2021).

’’Aku bisa merasakan kegembiraan fans kami malam ini (kemarin, Red),’’ ungkap tacticus Belanda Frank de Boer setelah laga melawan Latvia kepada NOS. Begitu pula yang diungkapkan pencetak gol Belanda, Steven Berghuis.

’’Meski 5 ribu fans, rasanya sudah luar biasa bagi kami. Semoga dunia jauh lebih baik dalam beberapa bulan mendatang,’’ ujar winger Feyenoord Rotterdam tersebut, seperti dikutip De Telegraaf.

Sumber : Jawapos.com

Uploader : Septi Vina