25 radar bogor

Kilang Minyak Balongan Indramayu Terbakar, Bagaimana Pasokan BBM Pertamina?

Ilustrasi BBM pertalite
Ilustrasi BBM pertalite
Ilustrasi BBM (Dok JawaPos.com)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Pertamina memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak terganggu pasca-kebakaran hebat yang melanda kilang minyak di Balongan, Kabupaten Indramayu, Senin (29/3/2021) dini hari.

Kilang Minyak Pertamina di Indramayu Terbakar, Ridwan Kamil : Terjadi saat Hujan Deras dan Petir

Hal itu dikatakan Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya dalam keterangan resmi yang diterima, Senin.

“Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal,” kata Ifki.

Ifki mengimbau kepada warga sekitar kilang minyak agar tetap tenang dan menjauhi lokasi kebakaran.

“Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendopo Kabupaten Indramayu,” ujar Ifki.

Belum diketahui penyebab kebakaran hebat tersebut bisa terjadi. Saat ini Pertamina tengah melakukan pencegahan perluasan kebakaran.

“Saat insiden terjadi, ada empat warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensif di RSUD Indramayu,” ujar Ifki.

Kilang Minyak Indramayu Terbakar, Warga yang Diungsikan Sudah Hampir Seribu

Sebelumnya, kilang minyak PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu alami kebakaran hebat, Senin (29/3/2021) dini hari.

Putri, warga Lemahmekar, Kecamatan Indramayu mengatakan bahwa rumahnya yang berjarak sekitar tujuh kilometer dari kilang minyak itu merasakan dampak dari kebakaran.

Dia mengatakan, dirinya terbangun dari tidur karena suara dentuman keras yang berasal dari kilang minyak tersebut.

“Kami belum tidur sampai jam 12 karena hujan besar takut mati lampu. Kemudian, tidur sebentar. Jam 1 terbangun (karena) dentuman, dengar kaca kayak kena gempa gitu jadi terbangun,” kata Putri saat dihubungi, Senin (29/3/2021). (cr1/jpnn)

Sumber : jpnn.com
Editor : Yosep