25 radar bogor

Daya Tampung TPST Galuga Krodit, Pemkab Siapkan TPST di Enam Zonasi

TPA Galuga
TPST Galuga

CIBINONG-RADAR BOGOR, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor merencanakan bangun tempat penampungan sampah terpadu (TPST) di enam zonasi. Mulai dari timur, utara, selatan, dan beberapa wilayah lainnya. Musababnya, sampai saat ini pembangunan TPAS Nambo tak jelas kapan mulai beroperasi.

“Pertama yang akan kita bangun itu di wilayah timur yakni TPST Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur. Tahun ini kami menyusun FS nya (Feasibility Study) dan DED (Detail Engineering Desain),” kata

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bogor, Fadli, Minggu (28/3/2021).

Ia menjelaskan, setelah wilayah timur, pihaknya menargetkan pembangunan dilaksanakan di wilayah utara tepatnya di Kecamatan Rumpin. Karena, secara keseluruhan, pembangunan TPST di enam zonasi ditargetkan selesai 2024.

“Setelah TPST Rumpin, kami juga akan membangun TPST lain di wilayah selatan, barat ataupun tengah dengan target waktu penyelesaian 2024,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, alasan pembangunan TPST di enam zonasi wilayah Kabupaten Bogor sendiri karena daya tampung TPAS Galuga sudah sangat krodit. Ditambah kondisi TPPAS Nambo hingga saat ini tak kunjung tuntas.

“Dalam satu hari, produksi sampah di Kabupaten Bogor mencapai 2.800 ton. Namun TPAS Galuga hanya bisa menampung sekitar 700 ton sampah. Mudah-mudahan TPPAS Nambo bisa segera beroperasi,” pungkasnya.  (nal/c)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep