25 radar bogor

Wanita ODGJ Ditemukan Melahirkan di Sukaraja, Dipulangkan Dinsos ke Keluarga di Ponorogo

Dinsos
Kabid Pemberdayaan didampingi kepala balai phalamarta Sukabumi ketika mengembalikan bayi dan sang ibu ke keluarganya di Ponorogo (foto Hendi)
Dinsos
Kabid Pemberdayaan Sosial pada Dinsos Kabupaten Bogor Dian Mulyadiansyah. didampingi Kepala Balai Phalamarta Sukabumi ketika mengembalikan bayi dan sang ibu ke keluarganya di Ponorogo. HENDI/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR, Seorang wanita diduga orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), ditemukan warga dengan kondisi sudah melahirkan bayi di kawasan Cijujung, Sukaraja.

Informasi tersebut dibenarkan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor Dian Mulyadiansyah.

Dian menjelaskan, bahwa pasien ditemukan di wilayah Cijujung dalam keadaan sudah melahirkan dan langsung dievakuasi oleh tim.

“Kemudian kita bawa anaknya ke RSUD Cibinong dan ibunya diberikan perawatan di RS Marzuki Mahdi. Kondisi ibunya tidak terlalu parah tinggal butuh pendampingan saja,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, setelah dilakukan pengobatan selama 23 hari, orang tua bayi sudah bisa diizinkan keluar untuk melihat anaknya.

“Pada waktu melihat anaknya naluri ibunya langsung keluar sampai menangis, artinya pasien kondisi sakitnya tidak terlalu parah bahkan sudah ingat alamat rumahnya,” tuturnya.

Saat ini, Dinsos bekerjasama dengan Phalamarta Sukabumi mengembalikan si ibu beserta bayinya yang berumur 23 hari itu, ke keluarganya di Ponorogo Jawa Timur.

“Hari ini (25/3/2021) kita mengembalikan pasien ODGJ ke keluarganya didampingi tim pendamping disabilitas dan pihak Phalamarta, sebagai balai rehabilitasi sosial,” kata Dian. (nal)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep