25 radar bogor

Mudahkan Pembuatan e-KTP, Disdukcapil Kota Bogor ‘Jemput Bola’ dari Rumah ke Rumah

EKTP
Selama masa pandemi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  menggenjot layanan 'jemput bola' nya dengan mendatangi langsung warga di rumah.
EKTP
Selama masa pandemi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  menggenjot layanan ‘jemput bola’ nya dengan mendatangi langsung warga di rumah.

BOGOR-RADAR BOGOR, Masyarakat tak perlu ragu dalam melakukan pembuatan e-KTP di Kota Bogor. Selama masa pandemi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  menggenjot layanan ‘jemput bola’ nya dengan mendatangi langsung warga di rumah.

Kasi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kota Bogor, Mugi Lastono menerangkan, program layanan ‘jemput bola’ itu sebenarnya sudah berjalan sejak lama, bahkan sebelum pandemi.

Contohnya, dengan rutin melakukan pelayanan on the spot ke sekolah-sekolah demi merangkul para pelajar yang sudah waktunya memiliki e-KTP.

Hanya, selama pandemi sekolah diliburkan. Layanan on the spot di kelurahan juga sangat riskan karena bisa mengakibatkan kerumunan. Oleh karena itu, Disdukcapil kembali berinovasi dengan fokus menerapkan layanan ke rumah secara langsung.

“Fokusnya ini memang untuk kalangan-kalangan yang memang butuh pelayanan khusus, dan benar-benar tidak bisa keluar rumah, seperti lanjut usia (lansia), sakit keras, ibu hamil, dan disabilitas,” terangnya.

Ia pun mengakui, layanan itu akan memudahkan masyarakat dalam membuat e-KTP. Masyarakat cukup mengakses pendaftarannya secara langsung melalui Sikancil Berlari atau mengunjungi situs resmi Disdukcapil (disdukcapil.kotabogor.go.id).

“Nanti tim kita yang akan mencatat dari sistem siapa yang mengajukan di dalamnya dan mengatur penjadwalan itu kunjungan,” pungkasnya.

Berdasarkan data dari Disdukcapil, lebih dari 100 warga Kota Bogor telah memanfaatkan layanan semacam itu.

Selain pendaftaran secara online, warga juga bisa mengajukan pembuatan e-KTP ‘jemput bola’ itu melalui RT, RW, hingga kelurahan.

“Nanti kelurahan yang akan mengajukan surat kepada kita untuk menurunkan petugas Disdukcapil,” pungkasnya. (mam)

Reporter : Imam Rahmanto
Editor : Yosep