25 radar bogor

Hidupkan Ekosistem, Setu Cigudeg Ditaburi 11.250 Bibit Ikan

Sebanyak 45 kantong berisi 11,250 bibit dilepas di Situ Cigudeg pada Kamis, (25/3/2021) pagi. Septi/Radar Bogor
Sebanyak 45 kantong berisi 11,250 bibit dilepas di Setu Cigudeg pada Kamis, (25/3/2021) pagi. Septi/Radar Bogor

CIGUDEG-RADAR BOGOR, Pemerintah Desa Cigudeg bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor dalam menata ekosistem Setu Cigudeg dengan menabur benih ikan. Sebanyak 45 kantong berisi 11,250 bibit dilepas pada Kamis, (25/3/2021) pagi.

Menurut Kepala Seksi Pengembangan Kawasan Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Bogor, Yuyun Yuningsih, Setu Cigudeg merupakan salah satu dari 11 setu di Kabupaten Bogor yang masuk dalam program penanaman benih saat ini.

“Dari 11 setu itu kita tanami bibit ikan dengan berbagai jenis setiap tahun sekali,” ungkapnya di Setu Cigudeg.

Menurutnya, dengan penanaman benih ikan ini diharapkan dapat melindungi ekosistem setu. Dia mendorong setiap kecamatan yang memiliki setu untuk dapat bersinergi dengan pihaknya untuk melaksanakan program serupa.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cigudeg, Andi Supriadi mengapresiasi Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor yang siap menjamin ketersediaan sarana dan prasarana setu khususnya di bidang perikanan.

Dengan penebaran benih ini, dirinya berharap warganya lebih peduli terhadap kondisi dan keasrian Setu Cigudeg. “Sehingga masyarakat yang hobi mancing di sekitar area Setu Cigudeg agar bisa merawat Setu,” tandasnya.(cok)

Reporter: Septi Nulawam Harahap
Editor: Alpin