25 radar bogor

TPPAS Luna Diambil Alih Perusahan Jerman, Camat Klapanunggal Bilang Begini!

TPPAS Lulut Nambo (Luna).
TPPAS Lulut Nambo (Luna).

KLAPANUNGGAL-RADAR BOGOR, Babak Baru TPPAS Lulut Nambo (Luna) dimulai. Proyek TPPAS Lulut Nambo yang mangkrak sejak dicanangkan, 21 Juni 2017 silam itu direncakan akan beroprasi akhir tahun 2021.

Proyek mangkrak yang menyedot investasi hingga USD46 juta dan wanprestasi oleh pihak investor terdahulu itu diambil alih perusahan asal Jerman, Euwelle Environtmental Technology GmBH.

Menanggapi hal tersebut, Camat Klapanunggal, Ahmad Kosasih mengaku belum tahu pasti akan peralihan proyek TPPAS Luna oleh investor asal Jerman tersebut.

“Untuk itu (TPPAS Luna) Belum ada kabar Resmi. Kami belum dapat tembusannya,” kata Camat Klapanunggal Ahmad Kosasih kepada radarbogor.id, Rabu (24/3/2021).

Untuk itu, saat ini pihaknya masih belum melakukan sosialisasi terhadap warga sekitar TPPAS. “Kita masih nunggu,” ujarnya.

Seperti diketahui Pembangunan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut Nambo Kabupaten Bogor kembali dilanjutkan.

Pada pembangunannya, Dinas Lingkungan Hidup menggandeng perusahaan asal Jerman Euwelle Enviromental Technology GmBH untuk mengembangkan TPPAS Lulut Nambo di Kabupaten Bogor. Ditargetkan tempat pengolahan sampah menjadi energi ini bisa beroperasi pada akhir tahun 2021.

Dengan luas lahan 55 hektare, TPPAS Lulut Nambo bisa menampung kapasitas pengolahan sampah yang mencapai 1650 ton per hari hingga maksimum 1800 ton per hari.

Kehadirannya akan dimanfaatkan untuk mengolah dan memproses sampah dari Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, dan Kota Tangerang Selatan. (all)

Reporter: Arifal Fajar
Editor: Alpin