Beranda Bogor Raya Penuhi Kebutuhan Air Sembilan Desa, Ade Yasin Resmikan SPAM di Tenjo

Penuhi Kebutuhan Air Sembilan Desa, Ade Yasin Resmikan SPAM di Tenjo

SPam
Bupati Bogor, Ade Yasin saat meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Bojong, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Rabu (24/3/2021). SEPTI/RADAR BOGOR

TENJO-RADAR BOGOR, Bupati Bogor, Ade Yasin meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Bojong, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Rabu (24/3/2021).

Pengoperasian sarana dan prasarana air ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air warga disembilan desa.

Dalam sambutannya Ade Yasin menuturkan, SPAM ini merupakan sarana air yang dibutuhkan warga khususnya di Kecamatan Tenjo yang notabene sulit mendapatkan air bersih.

universitas ibn khaldun bogor uika

“Dengan ini, warga dapat mengambil air bersih sesuai kebutuhan, ini perlu pengelolaan dan perawatan yang profesional, saya pesan kepada kepala desa untuk dijaga,” ujarnya.

Untuk pengelolaannya, Ade menjelaskan, nantinya dapat bekerjasama dengan PDAM ataupun pihak swasta. Ataupun sambung politikus PPP itu, bisa dikelola oleh BUMDes.

Tarifnya sendiri, Bupati berharap, pengelola dapat menyesuaikan dengan kemampuan warga.

“Kita berikan air ini untuk masyarakat dan di pergunakan untuk sebaik-baiknya, dan insya Allah masyarakat di sini tidak kekurangan air bersih lagi,” tegasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Soebiantoro mengatakan, SPAM atau Water Treatment Plant (WTP) Tenjo ini dibangun sejak 2015 secara bertahap.

Menurutnya, sarana prasarana air ini memiliki peranan penting di Tenjo sebagai salah satu wilayah rawan air.

Dengan memakan anggaran Rp14 miliar yang bersumber dari APBD, sarana air itu dibangun dengan luas 2400 meter persegi.

“Air bakunya sendiri bersumber dari Sungai Cidurian yang mencakupi lima desa yakni Desa Bojong, Babakan, Tenjo dan Singabraja serta Desa Singabangsa,” tandasnya.(cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep