25 radar bogor

Apresiasi Pelaksanaan Vaksinasi di Kota Bogor, Jokowi Minta Pemkot Lakukan Percepatan

Jokowi-ke-bogor
Presiden Joko Widodo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Bogor, Jumat (19/3/2021). SOFYANSYAH/RADAR BOGOR
Jokowi-ke-bogor
Presiden Joko Widodo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Bogor, Jumat (19/3/2021). SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah calon jamaah haji asal Kota Bogor mulai menjalani program vaksinasi Covid-19.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memang tengah gencar melakukan vaksinasi dengan sasaran warga Kota Bogor yang masuk kategori lansia, pelayan publik, tenaga pendidik, hingga atlet.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan, saat ini Pemkot Bogor masih mengejar untuk menyelesaikan sasaran vaksinasi bagi lansia di Kota Bogor dengan target 61.000 penerima vaksin.

Selain itu, ada calon jamaah haji asal Kota Bogor dan tokoh agama yang juga menjalani vaksinasi Covid-19.

“Hari ini (19/3/2021) temanya masih lansia, yang sudah dimulai 17 Maret kemaren. Tadi ada kunjungan (Presiden Joko Widodo) meninjau pelaksanaan vaksinasi, khususnya sasaran lansia di Kota Bogor,” ujar Retno, disela-sela kegiatan Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Bogor, Jumat (19/3/2021).

Retno menargetkan sebanyak 500 warga Kota Bogor akan menjalani vaksin Covid-19 di Gedung Puri Begawan, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. “Biasanya kapasitasnya 1.500 orang yang divaksin,” kata Retno.

Rinciannya, 300 orang dengan kategori lansia, 100 calon jamaah haji, dan 100 orang dengan sasaran tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sedangkan untuk sasaran calon jamaah haji, Pemkot Bogor menerima surat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar memprioritaskan warga yang terdaftar pada tahun ini untuk berangkat ke Tanah Suci agar mendapatkan vaksinasi.

“Meskipun keberangkatannya masih menunggu arahan. Tetapi, Kementerian Kesehatan meminta agar calon jamaah jadi prioritas,” kata dia.

Saat ditanya hasil kunjungan Presiden Joki Widodo, Retno menegaskan jika orang nomor satu di Indonesia itu sangat mengapresiasi pelaksanaan vaksin Covid-19 di Kota Bogor.

“Dan mengharapkan percepatan pencapaian vaksinasi segera selesai,” ucapnya.

Selain itu, Kemenkes menargerkan agar pelaksanaan vaksinasi pada Juni 2021 sudah selesai semua. “Semakin cepat tentunya semakin baik,” tukasnya.(ded/PKL-nadia)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep