25 radar bogor

Markas Indonesia Diperiksa, Cek Kesiapan Pengaman Wilayah

Pemeriksaan
Pemeriksaan yang dilakukan Tim COE dari UNIFIL di markas Indonesia. (IST)

RADAR BOGOR, Kedatangan Tim Contingent Owned Equipment (COE) dari United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) disambut langsung oleh Komandan Satgas Yonmek XXIII-O sekaligus Komandan Kontingen Garuda Indobatt, Kolonel Inf Amril Haris Isya Siregar dalam rangka pelaksanaan Operational Readiness Inspection (ORI), yang bertempat di AOR Indobatt. Selasa (17/3/2021).

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 16 Maret 2021 dengan pemeriksaan di AOR Indobatt meliputi markas batalyon, Kompi B UNP 7-3 dan Kompi A UNP 9-15, UNP 9-63, pada tanggal 17 Maret 2021 dilanjutkan kembali pemeriksaan ke Kompi C UNP 9-2 yang  berada di desa Az Ziqiyah dan UNP 7-1.

“Tujuan dari COE ORI UNIFIL adalah agar seluruh satuan memiliki kesiapan operasional sesuai standar yang telah ditetapkan, baik kesiapan materiil maupun perlengkapannya,” ujar Amril.

Ia menuturkan, hal itu dilakukan untuk memastikan pemberian reimbursement
benar-benar sesuai dengan kemampuan operasional major equipment. Yang meliputi pemeriksaan kendaraan baik kendaraan tempur,  ringan dan pendukung, alat berat zeni, senjata, generator, serta peralatan anti huru-hara dan self sustainment yang meliputi pelayanan catering, komunikasi, perlengkapan kantor, pelayanan listrik, peralatan kesehatan, pemeliharaan bangunan, pelayanan laundry serta kebersihan markas Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-O/Unifil (Indobatt).

Pelaksanaan COE ORI UNIFIL dipimpin oleh Chief Of COE Unit Vlodymyr olekha beserta 8 orang pengikut dari kalangan sipil dan militer yang mempunyai latar belakang spesialisasi bidang masing-masing.

Usai pelaksanaan pemeriksaan, Chief Of COE Unit, Vlodymyr Olekha menyampaikan evaluasi atas kesiapan/readiness Kontingen Indonesia. Serta berharap dapat melakukan pemeliharaan, perawatan serta perbaikan secara terus menerus. (*)

Editor : Muhammad Ruri Ariatullah