25 radar bogor

Punya Keluarga Lansia? Pemkot Bogor Sediakan Vaksin Lansia Drive Thru di GOR Pajajaran. Check Tata Caranya!

Pencanangan vaksin bagi lansia dilakukan di komplek Stadion Gor Pajajaran, Kota Bogor, Rabu (17/3/2021) dengan meresmikan pos pelayanan, program vaksinasi covid-19 bagi lansia melalui drive thru.
Pencanangan vaksin bagi lansia dilakukan di komplek Stadion Gor Pajajaran, Kota Bogor, Rabu (17/3/2021) dengan meresmikan pos pelayanan, program vaksinasi covid-19 bagi lansia melalui drive thru.

BOGOR-RADAR BOGOR, Bagi warga Kota Bogor yang memiliki anggota keluarga kategori lansia bisa melakukan program vaksinasi drive thru di komplek Stadion Gor Pajajaran, Kota Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan, proses vaksinasi melalui drive thru atau vaksinasi dengan layanan tanpa turun dari kendaraan relatif lebih singkat. Karena, tak membutuhkan waktu lama dan bagi warga yang hendak divaksin juga tidak antre terlalu lama.

“Drive thru tidak lebih dari satu jam, observasi 30 menit, kita harapkan setiap titik 15 menit, tambah 30 menit. Jadi total waktu setiap orang sekitar 45 menit,” kata Retno-sapaanya, Rabu (17/3/2021).

Setiap calon yang akan divaksin, sebelum menjalani vaksinasi akan ada beberapa tahapan yang dilalui. Pertama meja verifikasi administrasi untuk menyesuaikan data, meja kedua merupakan screening untuk menanyakan kondisi riwayat kesehatan calon penerima vaksin termasuk pengecekan tekanan darah dan sebagainya.

“Jika lolos, maka masuk ke meja penyuntikan lalu ke meja observasi. Semuanya tanpa turun dari kendaraan,” katanya.

Sistem drive thru merupakan buah dari kerjasama Pemkot Bogor bersama Gojek dan Halodoc. Untuk mekanisme pendaftaranya, harus melalui aplikasi halodoc, kemudian nanti ada penjadwalan untuk vaksinasi.

“Observasi tetap di dalam mobil, sambil diawasi oleh dokter,” katanya.

Retno mengatakan, lansia menjadi prioritas untuk vaksinasi di Kota Bogor. Ia juga menjelaskan, bagi lansia yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid terkontrol dan terkendali masih dapat menjalani vaksinasi.

“Misal tensi di bawah 180/110 masih bisa, jika memiliki riwayat diabetes dengan HbA1c kurang dari 8 persen masih memungkinkan. Jika jumlah HbA1c melebihi 8 persen, kemungkinan Anda mengalami diabetes yang tidak terkontrol,” katanya.

Sebanyak 3.000 sasaran lansia menjadi targerlt program vaksinasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Pencanangan vaksin bagi lansia dilakukan di komplek Stadion Gor Pajajaran, Kota Bogor, Rabu (17/3/2021) dengan meresmikan pos pelayanan, program vaksinasi covid-19 bagi lansia melalui drive thru.

Sebelumnya, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, program vaksinasi Covid-19 bagi lansia dengan sistem drive thru merupakan buah dari kerjasama Pemkot Bogor bersama Gojek dan Halodoc.

Pos pelayanan program vaksinasi covid-19 bagi lansia tersebut, rencananya bakal dilakukan hingga tiga bulan kedepan dengan menjaring lansia yang ingin menjalani vaksin tanpa perlu turun ke lokasi vaksin.

“Untuk dosis hariannya mencapai 600 dosis perhari, dengan sasaran 61 ribu lansia,” katanya, Rabu (17/3/2021).

Ia juga mengaku turut mengapresiasi dukungan Halodoc dan Gojek dalam membantu mensukseskan program vaksinasi covid-19 di Kota Bogor. (ded)

Reporter: Dede
Editor: Rany P Sinaga