25 radar bogor

Pemda Bogor Tambah 4000 Meter Lahan Di TPA Galuga

TPA Galuga
TPA Galuga

CIBUNGBULANG-RADAR BOGOR, Mendesak, luas lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga milik Kabupaten Bogor bakal ditambah. Dengan tambahan luas lahan sebesar 4000 meter persegi, rencana tersebut tengah dibahas pejabat setempat bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor.

Menurut Kepala DLH Kabupaten Bogor, Asnan, pembebasan lahan dalam rencana perluasan itu telah dibahas dengan para ahli waris.

“Saat ini kita punya 3 hektare 8 ribu meter, jauh dengan Kota Bogor yang luasnya 30 hektare lebih,” ungkapnya kepada wartawan.(17/3/2021)

Menurutnya, jumlah sampah di Kabupaten Bogor justru bertambah di masa pandemi. Tentu hal ini membutuhkan penanganan yang lebih serius salah satunya dengan memperluas lahan TPA di Galuga, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Untuk jumlah armada sampah, lanjut Asnan, ada 225 truk yang telah beroperasi di semua Unit Pelaksana Tugas (UPT) DLH.

Terpisah, Kepala Desa Galuga, Endang Sujana mengatakan, pihaknya tengah bermusyawarah dengan ahli waris 4000 meter lahan untuk perluasan TPA Galuga milik Kabupaten Bogor.

Sementara dirinya juga telah berkoordinasi dengan DLH untuk menyesuaikan anggaran yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan.

“Karena ini mendesak, kita mengejar sebelum bulan puasa 2021 sudah terealisasi,” pungkas Endang.(mg4/cok)

Reporter: Septi
Editor: Rany P Sinaga