25 radar bogor

Dies Natalis Ke 12, Unhan Bogor Gelar Sidang Terbuka

Dies Natalis Ke 12, Unhan Bogor Gelar Sidang Terbuka

BABAKANMADANG-RADAR BOGOR, Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) melaksanakan Sidang Senat Terbuka Wisuda Program Magister (S2) dan Doktoral (S3) serta Dies Nataslis ke-12 yang dilaksanakan melalui daring dan luring bertempat di gedung Aula Merah Putih Unhan RI Kawasan IPSC Sentul, Rabu, (17/3).

Wamenhan RI Letnan Jendral Gerindra menjelaskan, bahwa perkembangan lingkungan strategis baik global, regional, maupun nasional.

Karena, saat ini telah menciptakan spektrum ancaman, tantangan dan resiko yang kompleks terhadap pertahanan negara.

“Peran Sumber Daya Manusia (SDM) pertahanan yang unggul dan maju sangat penting untuk merumuskan dan menentukan kebijakan strategis,” jelasnya.

Senada dikatakan, Rektor Unhan RI Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian mengatakan, acara tradisi wisuda merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari rangkaian kegiatan wisuda.

Dan telah dilaksanakan sejak diselenggarakanya kegiatan wisuda di Universitas Pertahanan Republik Indonesia sebagai Kampus Bela Negara.

“Pada acara tradisi penyelenggaraan kegiatan wisuda ini dikirab oleh Drum Band Kadet Mahasiswa S1 Universitas Pertahanan Republik Indonesia,” tegasnya.

Hal tersebut diharapkan dapat mengantar para alumni Unhan RI sebagai Magister dan Doktor pertahanan untuk melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Wisuda kali ini cukup istimewa karena untuk pertama kalinya Unhan berhasil menyelesaikan Program Doktoral dengan 6 alumni dari Angkatan CO-1 penerimaan 2018,” pungkasnya.

Seperti diketahui, ada 426 wisudawan lainnya merupakan mahasiswa dari Fakultas Strategi Pertahanan sebanyak 230 orang, Fakultas Manajemen Pertahanan 68 orang, Fakultas Keamanan Nasional 86 orang, dan Fakultas Teknologi Pertahanan 42 orang.

Berdasarkan asal institusi, dari TNI AD sebanyak 112 orang, TNI AL 65 orang, TNI AU 42 orang, Polri 11 orang, ASN 16 orang, dan umum 186 orang.

Alumni terbaik tahun ini adalah Cantika Setya Permatasari dari Program Studi Ketahanan Energi, Fakultas Manajemen Pertahanan, dengan IPK 3,96. (nal)

Reporter: Jaenal
Editor: Rany P Sinaga