25 radar bogor

600 Lansia Divaksin di RS Medika Dramaga

600 Lansia Divaksin di RS Medika Dramaga

DRAMAGA-RADAR BOGOR, Sebanyak 600 warga Kota Bogor kategori lanjut usia (lansia) menjalani vaksinasi massal di RS Medika Dramaga. Digelar selama enam hari (17-22 Maret 2021) 100 orang pertama telah disuntikan vaksin produsen Bio Farma itu pada Rabu, 17 Maret 2021.

Menurut Manager Pelaksana Medis RS Medika Dramaga, dokter Kurnia Wachida, NKN, pihaknya ditunjuk Dinas Kesehatan Kota Bogor sebagai salah satu rumah sakit yang menjalani vaksinasi dengan sasaran lansia.

“Kami turut membantu program pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi kategori lansia di sekitar wilayah rumah sakit,” ungkapnya kepada Radar Bogor.

Seperti pada umumnya, dokter Nia menjelaskan, peserta vaksin yang telah terdata di Dinkes Kota Bogor sebagai penerima vaksin harus menjalani skrining terlebih dahulu.

Setelah dinyatakan dalam kondisi baik, vaksinator segera menyuntikan cairan vaksin ke peserta sebelum dilakukan observasi selama 30 menit.

Untuk penyuntikan dosis ke-dua, akan dilakukan 28 hari ke depan.

“Untuk lansia, penyuntikan dosis ke dua dilakukan 28 hari ke depan, lebih lama dari peserta kategori lainnya,” jelas Nia.

Sementara itu, Satgas Covid-19 Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Lena Maryana mengaku telah mendampingi 100 warga lansia dari wilayah tugasnya.

Diambil dari 5 RW, peserta lansia itu antusias mengikuti setiap tahapan vaksinasi.

“Dari hasil skrining, banyak yang siap menjalani vaksinasi dan yang tidak bisa ditunda sampai hasil skrining dinyatakan stabil,” tandasnya.(cok)

Reporter: Septi
Editor: Rany P Sinaga