25 radar bogor

Satu Warga Kota Bogor Positif Corona Jenis B117, Terpapar Setelah Pulang dari Luar Negeri

Ilustrasi Varian XBB
Ilustrasi Varian XBB
Ilustrasi Mutasi Covid
Ilustrasi Mutasi Covid

BOGOR-RADAR BOGOR, Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim mengungkap tengah menangani warga Kota Bogor yang terkonfirmasi Covid-19 varian baru jenis B117 di Kota Bogor.

Dedie mengungkap, informasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) melaporkan ada salah satu warga yang baru pulang dari luar negeri, terdeteksi virus corona jenis baru B117.

“Jadi saat ini sudah ditangani oleh Kemenkes, tetapi kewajiban dari Pemkot Bogor adalah memonitor keluarga mereka yang kontak erat,” ujar Dedie, Selasa (16/3/2021).

Untuk total yang kontak erat dari keluarga yang positif, Dedie belum mengatakan terdapat 16 anggota keluarga yang ditracing karena kontak erat dengan satu orang keluarga yang positif corona B117.

Akan tetapi, Dedie menyebutkan jumlah keluarga yang ditracing sebanyak 16 orang.

Dedie berharap temuan tersebut, keluarga tidak terpapar virus Covid-19 varian baru B117.

“Kita harapkan dari keluarga tidak ada paparan meskipun kontak erat. Kita melihat dari langkah yang diambil adalah sudah dilakukan isolasi dulu, dipastikan negatif, baru boleh melaksnaakan kegiatan bersama keluarga,” katanya.

Saat ini, kata dia, keluarga yang kontak erat tengah tengah dalam pemantauan.

“Informasi yang saya dapat, kabarnya warga Kota Bogor itu terjangkit setelah menjalani perjalanan dari luar negeri,” katanya.

Saat ini, warga tersebut sudah ditangani oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Namun, Dedie belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait kondisinya.

Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kesehatan akan melakukan upaya-upaya monitoring untuk pihak keluarga bila diperlukan, serta akan menjadwalkan swab test dan pemeriksaan genom test jika memang diperlukan.

Hal itu agar memastikan jangan sampai virus itu menyebar di Kota Bogor.

Dedie pun masih menunggu infomasi lebih lanjut terkait kondisi warganya itu temasuk memastikan langkah-langkah apa yang harus diambil selanjutnya.

“Kita belum tahu kalau ada seseorang terpapar B117 ini seperti apa. Apakah sama treatmentnya seperti covid yang sebelumnya atau seperti apa. Ini sedang kita dalami,” tutupnya.(ded)

Reporter: Dede
Editor: Rany P Sinaga