25 radar bogor

Bangun 100 Terminal Tipe A, Menhub Minta Gandeng Swasta

Menhub
Menhub Budi Karya Sumadi saat diwawancarai awak media di Simpang Gadog, Megamendung, Kamis (24/12/2020).
Menhub
Menhub Budi Karya Sumadi saat diwawancarai awak media di Simpang Gadog, Megamendung, Kamis (24/12/2020).

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta pembangunan terminal tipe A di 100 daerah, agar menggandeng pihak swasta. Hal itu supaya tidak terlalu membebani APBN.

”Karena APBN ini semakin tidak banyak, saya mengharapkan bahwa ini bisa dikelola dengan baik dan bisa jalin kerja sama dengan pihak swasta,” kata Menhub Budi seperti dilansir dari Antara di Cirebon, Jumat (12/3).

Menurut dia, kementerian perhubungan saat ini, sedang melakukan pembangunan terminal tipe A di 100 kota. Namun, anggaran pemerintah terbatas. Karena itu perlu ada kerja sama dengan pihak swasta.

Budi mengatakan, bentuk kerja sama dengan pihak swasta bisa dilakukan dengan cara kerja sama kawasan pembangunan ekonomi terpadu (Kapet) atau lainnya.

”Andaikan satu terminal dalam pembangunan membutuhkan Rp 20 miliar dan ada 100 terminal yang dibangun, pastinya anggaran pemerintah terbatas,” ujar Budi.

Budi berpesan agar pembangunan terminal dapat mengutamakan pelayanan, serta menempatkan ornamen-ornamen kearifan lokal yang menjadi tanda terminal di masing-masing daerah.

Dia mengapresiasi direktur hubungan darat dan jajaran direktur lainnya yang sudah bekerja keras dalam melakukan pembangunan serta menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah.

”Luar biasa kerja keras para jajaran direktur kementerian perhubungan yang sudah melakukan pembangunan dengan bekerja sama pemerintah daerah,” tutur Budi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berkesempatan meninjau pembangunan Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. Dia berharap bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. ”Saya senang Terminal Harjamukti sudah mulai perubahan dengan desain baru,” kata Budi.

Menhub Budi mengatakan, adanya pembangunan itu, diharapkan masyarakat makin merasa nyaman atas pelayanan di Terminal Harjamukti. Dia meminta agar dalam pembangunan Terminal Harjamukti, bisa memperhatikan kearifan lokal.

”Saya berpesan agar pembangunan ini mengutamakan pelayanan, tapi harus memperhatikan kearifan lokal juga seperti Cirebon dengan batiknya,” ucap Budi.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin