25 radar bogor

Satgas Periksa 14 Kontak Erat TKI Positif Covid-19 Varian Baru B117

Ilustrasi-Swab-Test
Ilustrasi Swab Test
Ilustrasi-Swab-Test
Ilustrasi Swab Test

JAKARTA-RADAR BOGOR, Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Balikpapan terus melakukan tracing (pelacakan) atas kemungkinan warga terpapar virus Covid-19 B117.

Awal pekan ini, varian baru virus Covid-19 terdeteksi pada TKI asal Balikpapan yang baru pulang dari Arab Saudi.

”Kami sedang lakukan tracing kontak erat dan memeriksa 14 orang,” kata Wali Kota Rizal Effendi seperti dilansir dari Antara, Rabu (10/3/2021).

Mereka adalah 4 orang keluarga dari TKI tersebut dan 7 orang teman jamaah salat di masjid di lingkungan yang bersangkutan, dan teman ronda siskamling. Selain itu, ada 2 lagi pasien positif sejak 21 Februari di wilayah tinggal TKI tersebut dan satu orang dari riwayat perjalanan.

Termasuk juga dalam tracing atau penelusuran sejumlah penumpang yang seperjalanan dengan TKI tersebut dari Jakarta ke Balikpapan, terutama mereka yang duduknya berdekatan.

”Hasil belum kami terima. Saat ini, Satgas RT setempat kami minta bersama mengawasi,” kata Wali Kota Rizal.

Disebutkan, diperlukan waktu 14 hari untuk mengetahui hasil tes Covid-19 B117 tersebut. Sementara itu, Satgas juga belum menerima spesimen (contoh cairan atau jaringan tubuh, darah atau pun cairan dari hidung dan mulut) yang diambil dari mereka yang diduga terpapar.

Butuh waktu 14 hari karena spesimen harus dikirim ke Jakarta. Sebab, laboratorium di Balikpapan belum memiliki reagen, bahan kimia khusus yang diperlukan untuk mendeteksi varian virus tersebut.

”Kalau diizinkan dan diberi bahan yang diperlukan, laboratorium kita di sini bisa,” kata Kepala Dinas Kesehatan Andi Sri Juliarty.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan memperluas tracing, penelusuran warga mungkin terpapar varian baru Covid-19 B117 di Balikpapan. Tracing dilakukan di Balikpapan sebab satu dari 4 kasus Covid-19 B117 adalah warga Balikpapan yang diketahui adalah TKI tersebut.

Berdasar data, pada Rabu (10/3) ada penambahan 60 pasien positif baru dan 107 selesai isolasi. Jumlah itu menurun hingga separo dari rata-rata kasus harian pada Januari dan Februari yang mencapai 120 kasus per hari. (*)

Sumber : jawapos.com
Editor : Yosep