25 radar bogor

Bimtek Kominfo, Kwarcab Bogor Gandeng Kwarran dalam Komunikasi dan Informasi

Pramuka-lagi
Bimbingan Teknis (Bimtek) Kominfo Kwarcab Bogor secara virtual, Rabu (10/3/2021).
Pramuka-lagi
Bimbingan Teknis (Bimtek) Kominfo Kwarcab Bogor secara virtual, Rabu (10/3/2021).

CIBINONG – RADAR BOGOR, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Bogor Agus Ridallah mengatakan bahwa, salah satu program Panca Sakti yang menjadi prioritas adalah bidang komuniksai dan informasi (kominfo), khususnya dalam dunia publikasi.

Menurutnya, bidang kominfo sangat penting dalam pengelolaan informasi di tingkat gugusdepan, kwarran, hingga kwarcab. Hal tersebut ia sampaikan saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Kominfo Kwarcab Bogor secara virtual, Rabu (10/3/2021).

Menurut Ketua Kwarcab Bogor, era digital membuat semua kegiatan dapat dipublikasikan. Hal ini bertujuan agar pemerintah maupun masyarakat mengetahui kegiatan Pramuka di Kabupaten Bogor.

“Dari 40 kwarran dan ribuan gugusdepan yang tersebar di Kabupaten Bogor, saya yakin bahwa sumber berita ini sangat banyak, sehingga ini dapat menjadi bahan untuk dipublikasikan,” kata Agus di Cibubur yang tersambung melalui Zoom.

Agus mengharapkan setiap kwarran membentuk tim kominfo yang disinergikan dengan kominfo kwarcab. Tim tersebut mencari dan membuat berita, baik di gugusdepan maupun di kwarran.

“Tujuannya melatih adik-adik bagaimana mereka berkreasi dalam dunia jurnalis, karena setiap Pramuka adalah pewarta dan menjadi sumber berita,” ujarnya.

Sekretaris Kwarcab Bogor Ahmad Kosasih menyebut peran kominfo sangat penting dalam menyukseskan cita-cita kwarcab tergiat. Menurutnya, kominfo adalah salah satu penentu untuk kesuksesan Kwarcab Bogor.

“Mengingat Kabupaten Bogor ini sangat luas yang terdiri dari 40 kecamatan, semoga dengan bimtek kominfo ini dapat saling bersinergi. Selanjutnya nanti kominfo kwarcab akan memfasilitasi kakak-kakak tentang pengetahuan bagaimana cara mengambil foto, video, termasuk membuat rilis berita,” kata Kosasih di Cibinong.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarcab Bogor Bidang Kominfo David Rizar Nugroho menerangkan bahwa bimtek ini baru pembukaan saja. Nantinya tim kominfo kwarcab akan mengadakan bimtek kembali untuk melatih agar bisa menghasilkan produk publikasi yang terukur dan terarah.

“Kita coba sinergikan kekuatan ini untuk menjadi satu kekuatan dalam kominfo, mulai dari gugus depan hingga cabang,” kata Pemimpin Redaksi Harian Pakar itu.

Kominfo kwarcab di bawah David Rizar Nugroho akan fokus pada dokumentasi, publikasi, dan kegiatan jurnalistik, baik secara visual, audio, maupun audio-visual. Pihaknya juga akan berkomitmen untuk mewujudkan visi misi kwarcab yang dirangkum dalam Panca Sakti.

“Kita ada majalah dengan nama Jurnal Pramuka juga website resmi kwarcab. Kita sudah punya rumahnya. Hari ini kita berkumpul dan mari bersama-sama mengisi rumah kita. Hari ini kita meyamakan persepsi. Kakak-kakak yang hadir di sini akan menjadi juru penerang, tim kominfo yang memotret, mengambil video, hingga membuat narasi. Kita satukan derap langkah,” beber David dalam Bimtek Kominfo Kwarcab Bogor.

Pelaksanaan Bimtek Kominfo Kwarcab Bogor berpusat di Graha Pandu, Cibinong. Peserta terdiri dari anggota DKR yang akan menjadi tim kominfo dan andalan kominfo kwarran di Kabupaten Bogor.

Hadir pada kegiatan ini Andalan Humas Kwarnas Widhya Sukma, Ketua Kwarcab Bogor Agus Ridallah, Wakil Ketua Kwarcab Bogor Bidang Kominfo David RIzar Nugroho, dan Sekretaris Kwarcab Bogor Ahmad Kosasih.

Selain itu, juga hadir Andalan Humas Kwarcab Bogor Ade, tim Kominfo Kwarcab Bogor, dan DKC Kabupaten Bogor. (MHT/ Kominfo Kwarcab Bogor)

Editor : Yosep