25 radar bogor

Dorong Peningkatan Ekonomi, Camat Rumpin Dukung Pengembangan Budikdamber

Yayasan Transformasi Anak Bangsa mengembangkan budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) di Desa Sukamulyadi, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Septi/Radar Bogor
Yayasan Transformasi Anak Bangsa mengembangkan budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) di Desa Sukamulyadi, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Septi/Radar Bogor

RUMPIN-RADAR BOGOR, Dorong peningkatan ekonomi di masa pandemi Covid-19, Yayasan Transformasi Anak Bangsa mengembangkan budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) di Desa Sukamulyadi, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Dengan melibatkan karang taruna desa, program ini menargetkan 200 buah budikdamber. Yayasan itu telah memberikan pelatihan budidaya dalam ember dan aquaponik yang diikuti oleh warga yang didominasi oleh para pemuda.

Ketua Yayasan Transformasi Anak Bangsa, Hadi Wiryo mengatakan, untuk kloter pertama dari pelatihan tersebut telah menghasilkan 15 budikdamber dan aquaponik.

“Kloter selanjutnya akan terus kami tingkatkan. Budikdamber menggunakan sistem aquaponik, karena menggunakan sisa-sisa kotoran dari ikan, sayuran yang tumbuh dan bisa dimakan bersama oleh masyarakat,” ungkap Wiryo kepada media pada Selasa (9/3/2021).

Upaya tersebut mendapat dukungan penuh dari Camat Rumpin Rusliandy. Di lokasi pelatihan, dirinya mengapresiasi program budikdamber guna melatih para pemuda serta Karang Taruna di bidang pertanian dan peternakan skala rumahan.

“Pelatihan yang diberikan pihak yayasan transformasi bangsa untuk para pemuda ini adalah di bidang pertanian dan peterkan ikan. Jika berhasil makan akan menghasilkan panen ikan lele sekaligus panen tanaman sayuran jenis kangkung,” paparnya.

Dirinya berkomitmen untuk terus memberikan dukungan terhadap program budikdamber dan aquaponik ini guna pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi dan sekaligus membangun ketahanan pangan di masa pandemi Covid 19.

“Jika ini berhasil, kami berharap bisa ditularkan dan dikembangkan ke 13 desa lainnya yang ada di Kecamatan Rumpin, sebagai pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi budikdamber dan aquaponik,” pungkasnya.(cok)

Reporter: Septi Nulawam Harahap
Editor: Alpin