25 radar bogor

Ruas Jalan Ini Jadi Terminal Bayangan, Camat Dorong Pembangunan Terminal Transit Tenjolaya

Terminal-bayangan
Simpang Jalan Abdul Fatah di Desa Tapos I Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor yang jadi terminal bayangan. SEPTI/RADAR BOGOR
Terminal-bayangan
Simpang Jalan Abdul Fatah di Desa Tapos I Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor yang jadi terminal bayangan. SEPTI/RADAR BOGOR

TENJOLAYA – RADAR BOGOR, Simpang Jalan Abdul Fatah di Desa Tapos I Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor jadi terminal bayangan. Untuk itu, aparat setempat mengusulkan untuk dibangunnya terminal angkutan umum Tenjolaya – Bubulak.

Menurut Camat Tenjolaya, Farid Ma’ruf, masalah terminal bayangan itu pernah dibahas pihaknya bersama Dishub Kabupaten Bogor.

“Kami mengusulkan untuk pembangunan terminal transit, namun untuk tahun ini tidak dimungkinkan karena anggarannya masih fokus untuk penanganan Covid-19,” ujarnya kepada media Senin (8/3/2021).

Meskipun begitu, pihaknya terus mendorong agar dibangunnya terminal sebagai kebutuhan warganya.

Disamping tertatanya armada angkot, warga pun dimudahkan untuk menggunakan jasa angkutan umum trayek Tenjolaya – Bubulak, Kota Bogor.

Hal itu juga berlaku untuk warga Pamijahan dan Tamansari yang membutuhkan angkutan umum menuju Kota Bogor.

“Jadi Dishub juga tengah mengkaji rencana tersebut, sementara ada tiga titik yang menjadi calon terminal tinggal disetujui dan dianggarkan,” jelas Farid.

Di sisi lain, sambung Farid, pihaknya juga membuat konsep terminal khusus wisata. Nantinya, terminal tersebut akan terintegrasi dengan objek wisata di mana wisatawan dapat langsung menuju lokasi wisata dari terminal.

Selain itu, terminal itu juga nantinya akan menyediakan area khusus UMKM yang menyediakan cendera mata untuk wisatawan.

“Jadi selain menghindari terminal bayangan, adanya terminal juga mendorong perputaran ekonomi di wilayah Tenjolaya,” tandasnya.(cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep