25 radar bogor

Rapat Pengurus Apeksi, Bima Arya Ajak Peserta Olahraga Hingga Naik Bus Uncal

Apeksi-Uncal
Bima Arya bersama rombongan para walikota mengelilingi jalur Sistem Satu Arah (SSA) menaiki bus Uncal.
Apeksi-Uncal
Bima Arya bersama rombongan para walikota mengelilingi jalur Sistem Satu Arah (SSA) menaiki bus Uncal.

BOGOR-RADAR BOGOR, Walikota Bogor, Bima Arya yang juga menjabat Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) bersama 13 walikota pengurus dan pimpinan Komisariat Wilayah (Komwil) Apeksi 2021-2024, mengadakan rapat pengurus di Hotel Bigland, Jalan Malabar, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (7/3/2021).

Rangkaian acara dibuka dengan melaksanakan aktivitas olahraga pagi jalan sehat dan sarapan di kawasan Kebun Raya Bogor.
Sebelum kembali melaksanakan rapat, rombongan para wali kota itu sempat mengelilingi jalur Sistem Satu Arah (SSA) menaiki bus Uncal.

Dalam rapat tersebut, mereka membahas sejumlah agenda dan isu terkini, yakni program kerja Apeksi Tahun 2021 dan rekomendasi Apeksi kepada Pemerintah Pusat terkait isu kekinian.

Diantaranya, Penguatan Economy Recovery dimasa pandemi, Penguatan Data Bantuan Sosial yang akurat dan transparan, hingga mendorong dianggarkannya kembali Dana Kelurahan guna mendukung kebijakan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Agenda lainnya adalah audiensi dengan sejumlah mitra, salah satunya dengan Forum Rektor Indonesia (FRI) yang diwakili Rektor IPB University, Prof. Arif Satria, Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Fatah Sulaiman dan Rektor Universitas Pakuan Bogor, Prof. Bibin Rubini yang dilanjut dengan penandatanganan MoU antara Apeksi dengan FRI tentang sinergitas kota dengan kampus di Taman Ekspresi, Sempur, Kota Bogor. Yang dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh para wali kota Pengurus Apeksi dan Ketua FRI.

Usai melaksanakan penanaman pohon, Ketua Apeksi, Bima Arya didampingi Pengurus Apeksi dan FRI menjelaskan, dalam pertemuan tersebut pihaknya sepakat untuk mendorong penguatan kapasitas dari sesama anggota Apeksi, dimana banyak wali kota baru yang perlu didukung.

“Kami akan mendorong sharing session, karena Apeksi adalah wadah kekeluargaan dan saling berbagi. Berikutnya banyak langkah penguatan internal yang juga dibahas, kepengurusan dan kesekretariatan untuk kemajuan bangsa serta negara, disamping terobosan-terobosan yang sangat penting,” kata Bima Arya.

Sementara itu, Ketua FRI, Rektor IPB University, Prof Arif Satria yang didampingi Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof Fatah Sulaeman mengapresiasi dan menyambut baik kerja sama antara FRI dengan Apeksi.

Menurut Arif, ada tiga tantangan yang dihadapi kota yaitu digitalisasi, Green dan Sosial Ekonomi.(ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep