25 radar bogor

Perkuat Penanganan Covid-19 di Wilayah, Pemkot Gelar Simulasi PPKM Berbasis Mikro

Pemkot Bogor perkuat penanganan Covid-19 di wilayah. Foto Dede/Radar Bogor
Pemkot Bogor perkuat penanganan Covid-19 di wilayah. Foto Dede/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Bogor dan Satgas Covid-19 melakukan simulasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro sebagai upaya penanganan virus corona di Kota Bogor.
Simulasi PPKM berbasis Mikro diikuti oleh para camat dan lurah di Pelataran Gedung Bakorwil Bogor, Jalan IR. H. Djuanda, Jumat (5/3/2021).

Simulasi diawali dengan membagikan nametag kemudian membagikan lembaran kertas yang berisi teknis pelaksanaan sesuai tupoksi masing masing petugas aparatur diwilayah.
Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menjelaskan tentang tugas dan kordinasi yang harus dilakukan.

Setelah itu, Susatyo mensimulasikan satu persatu para lurah dengan menggunakan analogi contoh kasus.

Beberapa lurah terlihat sudah ada yang paham namun beberapa masih belun memahami lebih jelas. Selain lurah, kepala seksi, dan kepala bidang serta staf juga memiliki masing-masing tugas dan fungsinya.

Kapolres mengatakan, simulasi dilakukan dengan tujuan agar ada sinkronisasi antara pemerintah daerah dengan aparatur wilayah. “Tujuanya agar intruksi Mendagri nomor 3 tahun 2021 dan perwali nomor 7 tahun 2021 itu bisa aplikatif,” ujarnya.

Dengan adanya persiapan dan pemahaman yang matang antara penanganan Covid-19 yang dilakukan Forkopimda dengan unsur kewilayahan sudah siap dengan kondisi terburuk.

Untuk itu perlu adanya suatu pemahaman yang sama, langkah langkah yang sama untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Kami dari TNI Polri akan mensuport full apa kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan dalam rangka mencegah Pandemi Covid-19 ditingkat RT karena tingkat RT RW ini vital,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menjelaskan, sebelum diterapkan PPKM berbasis mikro, Pemkot Bogor melakukan simulasi terlebih dahulu untuk pelaksanaan PPKM Mikro. “Bagaimana kita lakukan simulasi untuk agar sistem ini berjalan semua,” ucapnya Bima.

Ia mengatakan bahwa untu menekan penyebaran Covid-19 yang harus dilakukan saat ini kuncinya adalah penguatan di wilayah. Sehingga, semua tindakan akan dilakukan sesuai dengan status di wilayah masing masing.

Saat ini kata Bima Kota Bogor berada di level kewaspadaan Covid-19 di zona orange. Ia pun menargerkan Kota Bogor akan turun ke zona kuning.(ded)