25 radar bogor

BTS, Artis Asia Pertama dengan Gelar Global Recording Artist of the Year

BTS, Artis Asia Pertama dengan Gelar Global Recording Artist of the Year
BTS, Artis Asia Pertama dengan Gelar Global Recording Artist of the Year

BOGOR-RADAR BOGOR, Prestasi luar biasa kembali diraih BTS dengan perilisan mereka selama tahun 2020 lalu. Grup pelantun hits ‘Dynamite’ ini berhasil mendapatkan predikat IFPI Global Recording Artist of the Year Award.

International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) atau Federasi Internasional Industri Fonografi adalah organisasi nirlaba yang mewakili industri musik rekaman di seluruh dunia.

Penghargaan Global Recording Artist ini mengakui popularitas artis di seluruh dunia dalam format musik digital dan fisik (dari streaming hingga vinyl), dan mencakup seluruh koleksi karya mereka.

Pada 4 Maret waktu setempat, diumumkan bahwa BTS telah meraih kemenangan untuk tahun 2020. BTS sekarang menjadi pemenang pertama yang tampil dalam bahasa non-Inggris, dan mereka adalah artis Korea Selatan dan Asia pertama yang mencapai prestasi tersebut.

Semua penerima penghargaan sebelumnya berasal dari Amerika Utara (Taylor Swift, Drake) atau Inggris (One Direction, Adele, Ed Sheeran).

BTS yang sangat sukses di tahun 2020 termasuk perilisan album ‘Map of the Soul: 7’ yang menduduki puncak Billboard 200, yang menurut IFPI adalah salah satu album yang paling banyak dipesan sepanjang masa.

Mereka juga menyebutkan bahwa album berbahasa Jepang BTS ‘Map of the Soul: 7 The Journey pada bulan Juli, melampaui 500.000 kopi hanya dalam dua hari setelah dirilis.

Grup ini kemudian membuat sejarah dengan single mereka ‘Dynamite’, di mana BTS menjadi artis Korea pertama yang mencapai No. 1 di chart Billboard Hot 100. Lagu ini juga dinominasikan untuk Grammy dalam kategori Best Pop Duo / Group Performance.

BTS melanjutkan kesuksesan mereka dengan merilis album ‘BE’ pada bulan November, yang menjadi album kelima mereka yang menduduki puncak Billboard 200 dan lagu utama ‘Life Goes On’ juga debut di puncak Billboard Hot 100.
Berikut adalah daftar Top 10 Global Recording Artist of the Year 2020:

1. BTS
2. Taylor Swift
3. Drake
4. The Weeknd
5. Billie Eilish
6. Eminem
7. Post Malone
8. Ariana Grande
9. Juice Wrld
10. Justin Bieber

BTS sebelumnya menempati posisi ke-2 di chart Global Recording Artist of the Year ini dari IFPI pada tahun 2018 dan No. 7 pada tahun 2019.

Editor : Rany P Sinaga
Sumber : Dreamers