Beranda Pendidikan Setahun Pandemi Covid-19, UT Siap Menyongsong Indonesia Emas 2045

Setahun Pandemi Covid-19, UT Siap Menyongsong Indonesia Emas 2045

Media-Ghatering
Media Gathering 2021 yaitu dilakukan secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan mengundang media yang bekerja sama UT Pusat maupun UPBJJ-UT.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pandemi Covid-19 tidak menghalangi Universitas Terbuka (UT) untuk tetap menjalin silaturahmi dengan media mitra UT dalam acara “Media Gathering”, Selasa (2/3/2021).

Keunikan Media Gathering 2021 yaitu dilakukan secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan mengundang media yang bekerja sama UT Pusat maupun UPBJJ-UT empat kali lipat dari jumlah tahun lalu.

Media Gathering kali ini mengundang Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D., serta dipandu oleh Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan Dr. Sri Sediyaningsih, M.Si.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Dalam sambutannya, Rahmat menyampaikan bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat mengubah tatanan kehidupan manusia termasuk media massa.

Berkat peran media massa, UT semakin dikenal oleh masyarakat luas sebagai pelopor Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh atau PTTJJ. UT juga meraih beberapa penghargaan pada bidang kehumasan dan advertorial yaitu Juara I Jogja Edu Science Tech pada bulan Februari 2020 dan pada akhir tahun 2020, UT menerima penghargaan pada Acara Anugerah Humas Dikti 2020, yaitu sebagai terbaik kedua kategori Media Sosial dan terbaik kedua kategori Press Conference pada Perguruan Tinggi Negeri Badan layanan Umum (PTN-BLU).

Media Gathering 2021 dihadiri oleh para pimpinan dari UT Pusat dan UPBJJ-UT, para Pimpinan Redaksi beserta para Awak Media Mitra UT. Media Gathering 2021 mengangkat tema “UT siap menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Memasuki era kebiasaan baru dan tantangan Indonesia Emas 2045, UT telah dan akan melanjutkan perannya sebagai lembaga pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia.

Tema yang diangkat sesuai dengan Visi Indonesia Emas 2045 yang salah satunya tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) UT yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ojat memaparkan bahwa dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, UT mencanangkan beberapa pilihan strategis yaitu UT segera bertransformasi dari PTN Badan Layanan Umum (PTN-BLU) menjadi PTN Badan Hukum (PTN-BH), meningkatkan layanan akademik baik kualitas maupun kuantitas, UT bersinergi dalam mengembangkan program studi internasional berakreditasi internasional, UT berupaya meningkatkan jumlah mahasiswa, serta kualitas dan kualitas SDM dengan budaya organisasi UT yang lebih adaptif dan gesit.

UT mengapresiasi dan berterima kasih atas peran serta awak media yang terus berkarya dalam menjadi sarana penyampaian informasi tentang UT kepada masyarakat. Semoga kerja sama UT dengan media mitra tetap terjalin dan UT semakin dikenal di masyarakat Indonesia, bahkan di dunia.

Hingga November 2020, UT telah memiliki 311.028 mahasiswa yang tersebar baik di dalam negeri maupun luar negeri. UT memiliki kantor pusat dan 39 Kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) serta Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri.

Tercatat lebih dari 1,000 Mata Kuliah yang dikelola UT dengan lebih dari 40 program studi baik Diploma, Sarjana, Magister, Doktoral, serta Program Sertifikat. (*)

Editor : Yosep