Beranda Kesehatan Jangan Stres Akibat Muncul Mutasi Covid-19, Ini Tips Atasinya

Jangan Stres Akibat Muncul Mutasi Covid-19, Ini Tips Atasinya

Dian Sastro saat bersepeda, kemarin. Foto: Instagram

BOGOR-RADAR BOGOR, Saat ini muncul varian baru atau mutasi virus Korona B117 dari Inggris dan telah ditemukan di Indonesia. Tak dipungkiri kabar ini membuat sebagian orang merasa cemas.

Dari sisi kesehatan jiwa, informasi tersebut menimbulkan dampak yang berbeda pada keadaan psikologis setiap orang. Ketakutan, stres, dan rasa cemas menjadi hal tidak nyaman yang dirasakan setiap harinya.

“Setiap orang memiliki kapasitas mental yang berbeda beda dalam menghadapi suatu krisis,” kata Psikiater dr. Lahargo Kembaren, SpKJ dari RS.Jiwa.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor dan RS Siloan Bogor kepada JawaPos.com, Kamis (4/3).

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Takut dan cemas akan kesehatan diri sendiri serta orang yang dikasihi merupakan hal wajar. Tapi harus segera diatasi jika jangn sampai berlebihan. Perubahan pola tidur dan pola makan. Sulit fokus, kurang konsentrasi. Nyeri di beberapa bagian tubuh, otot tegang. Memburuknya penyakit-penyakit kronis. Merokok, minum alkohol, narkoba.

Maka ada beberapa tips yang dapat kita lakukan saat kita stres dan cemas :

1. Bicara

Merasakan cemas, sedih, stres, bingung, takut dan marah adalah perasaan yang normal saat menghadapi krisis. Berbicara dengan orang yang dapat dipercaya seperti keluarga dan teman akan membantu meredakan perasaan tersebut.

2. Pola Hidup Sehat

Jagalah pola hidup sehat seperti makan makanan yg bergizi, tidur cukup, olah raga teratur, dan lakukan kontak sosial dengan orang yang dikasihi di rumah dan keluarga atau teman di luar melalui telepon atau alat komunikasi lain.

3. Hindari Rokok dan Alkohol

Jangan merokok, minum alkohol atau narkoba untuk mengatasi perasaan yang tidak nyaman. Apabila merasakan stres atau perasaan yang tidak nyaman segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa seperti psikiater atau lainnya untuk mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat.

4. Cari Informasi yang Tepat

Dapatkan informasi yang akurat dari sumber terpercaya dan lakukan pencegahan atau penanganan yang dianjurkan.

5. Batasi Informasi

Kurangi kecemasan dengan membatasi menonton, membaca, atau mendengarkan informasi yang berlebihan.

6. Manajemen Stres

Gunakan keterampilan mengatasi emosi di waktu yang lampau untuk membantu mengatasi perasaan yang tidak nyaman saat ini. Berbagai teknik manajemen stres seperti nafas dalam, relaksasi otot progresif, teknik grounding, dll dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan.

7. Lakukan Hobi

Relaksasi, santai, isi waktu luang dengan kegiatan positif, seimbangkan aktivitas digital dengan aktivitas non digital.

Editor : Rany P Sinaga
Sumber : Jawapos