Beranda Pendidikan P2G Apresiasi Subsidi Kuota Internet Sudah Boleh YouTube

P2G Apresiasi Subsidi Kuota Internet Sudah Boleh YouTube

Sejumlah pelajar melakukan registrasi kartu perdana untuk belajar online yang dibagikan di SMK Negeri 8 Jakarta, Kamis (3/9/2020). (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali melaksanakan program subsidi kuota data internet bagi para murid, guru, siswa dan dosen. Program ini akan berlangsung selama 3 bulan, yakni Maret sampai Mei mendatang.

Menanggapi program bantuan ini, Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim pun memberikan apresiasi atas komitmen yang dilakukan untuk membantu para warga sekolah di tengah pandemi Covid-19.

“Kami memberikan apresiasi, karena P2G adalah organisasi guru yang dari awal konsisten meminta kepada Memendikbud, Mas Menteri (Nadiem Makarim) agar melanjutkan kebijakan yang baik ini, yaitu bantuan kuota internet tahun 2021. Alhamdulillah direspon,” jelasnya kepada JawaPos.com, Rabu (3/3).

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Ia juga mengapresiasi atas perubahan mekanisme pengaksesan aplikasi dan website yang sebelumnya dibagi ke dalam kuota belajar dan kuota umum. Adapun, saat ini mekanisme tersebut dihapus dengan hanya menyisakan kuota umum dan memblokir aplikasi dan website yang sudah ditentukan atau skema black list.

“Berpotensi tidak maksimal dalam penggunaan kuota (pembagian kuota belajar dan umum). Kami meminta agar skemanya black list, semua boleh di akses kecuali yang dilarang,” tegasnya.

Kemudian, langkah pemerintah memperbolehkan YouTube untuk diakses pun juga mendapat pujian. Sebab YouTube sendiri diakui merupakan salah satu sumber pembelajaran di tengah masa pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah sekarang sudah boleh YouTube, untuk YouTube kalau dulu kan tidak boleh, YouTube tidak masuk ke dalam list, sekarang YouTube itu justru diperbolehkan itu apresiasi kami,” jelas dia.

Seperti diketahui, Mendikbud Nadiem Makarim mengumumkan bahwa pemerintah kembali melanjutkan program subsidi kuota data internet yang sebelumnya pernah dilakukan pada tahun lalu.

“Kami akan melanjutkan kebijakan kuota ini selama 3 bulan ke depan. Mulai dari bulan ini yaitu bulan Maret 2021,” jelas dia dalam Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 secara daring, Senin (1/3).

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin