25 radar bogor

Sandiaga Uno Minta Setiap Destinasi Wisata Punya Satgas Toilet

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengecek kebersihan toilet. (Istimewa)
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengecek kebersihan toilet. (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Uno memuji Pujo Priyono membentuk Satuan Tugas (Satgas) Jamban di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Dia pun berharap agar setiap destinasi wisata memiliki Satgas Toilet.

Sandiaga Uno mengaku gembira atas pembentukan Satgas Jamban Jawa Tengah dan DIJ. Dirinya mengapresiasi dan berharap agar seluruh pihak dapat mengikuti jejak Pujo Priyono untuk menjadi kader toilet di wilayahnya masing-masing.

“Saya mengajak seluruh masyarakat, khususnya pelaku usaha parekraf untuk sama-sama ikut membentuk Satgas Toilet di destinasi wisatanya masing-masing,” ungkap Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/2).

Dia mengatakan toilet memiliki peran penting sebagai indikator pariwisata. “Bukan cuma indah, tapi juga kelayakan toiletnya, mulai dari air bersihnya lancar, kelengkapan toilet sampai dengan higienitasnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Pujo Priyono mengatakan Satgas Jamban mengemban tugas untuk merevitalisasi toilet di seluruh destinasi wisata di wilayah Jawa Tengah dan DIY ke depannya.

“Kami menyadari pentingnya toilet sebagai representasi sektor pariwisata, bahkan bangsa di mata wisatawan mancanegara. Karena itu keberadaan toilet yang layak sangat penting untuk menjaga citra Indonesia di mata dunia,” ungkap Pujo Priyono.

Kelayakan dinilai Ketua Presidium Satgas Jamban Jawa Tengah dan DIY itu tidak hanya sebatas indah dipandang ataupun memiliki nilai artistik, tetapi toilet juga harus bersih dan higienis. Oleh karena itu, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan LA 32 RIDERS, yakni komunitas pengendara sepeda motor Lenteng Agung; ke depannya.

Kolaborasi dilakukan untuk membenahi sekaligus membersihkan toilet yang ada di destinasi wisata maupun desa wisata wilayah Jawa Tengah dan DIJ.

“Kolaborasi dengan LA Rider 32 difokuskan untuk mempercantik toilet sekaligus bersih-bersih di daerah pariwisata dan desa wisata. Lewat peran serta semua pihak, kami yakin kita bisa mewujudkan toilet yang layak,” ungkap Pujo Priyono.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin