25 radar bogor

Irigasi Meluap, Desa Leuwisadeng Kena Banjir

Irigasi meluap banjiri Kampung Leuwilisung, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor.
Irigasi meluap banjiri Kampung Leuwilisung, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor.

LEUWISADENG-RADAR BOGOR, Air sungai irigasi meluap sebabkan banjir di Kampung Leuwilisung, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Hal itu terjadi setiap hujan deras turun sejak dua tahun terakhir. Banjir pun acapkali menggenangi Jalan Leuwiliang Raya sehingga kemacetan terjadi di wilayah tersebut.

“Dari 2018 kalau hujan besar pasti banjir, ini juga sudah banjir lagi padahal empat hari lalu juga banjir,” aku Alvi N(25) salah satu warga Kampung Leuwilisung RT 01/01.

Berada di samping saluran irigasi, rumahnya jadi langganan banjir. Seperti pada Senin,(2/3) kemarin, air menggenangi rumahnya setinggi 30 sentimeter.

Tak jarang dirinya dan keluarga harus mengungsi di rumah kerabat ataupun saudara yang aman dari jangkauan banjir. Dia menduga, meluapnya air dari saluran irigasi yang terhubung ke Sungai Cikaniki itu disebabkan oleh tumpukan sampah.

Sementara itu, Kanit Satpol PP Kecamatan Leuwisadeng, Checep Tarmiji mendampingi Camat Leuwisadeng memantau langsung titik banjir tersebut.

Menurutnya, ada tiga rumah yang terdampak banjir tersebut. Sedangkan beberapa tempat usaha warga di sekitar titik banjir ikut terendam. “Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk turun melihat kondisi irigasi tersebut,” katanya.

Meskipun begitu, dirinya menilai banjir terjadi lantaran curah hujan yang tinggi sehingga volume air tidak tertampung di saluran irigasi tersebut. “Tinggal menunggu tindak lanjut dari dinas seperti apa,” tandasnya.(cok)

Reporter: Septi Nulawam Harahap
Editor: Alpin