25 radar bogor

Mendiang Pemain Black Panther Raih Aktor Terbaik Golden Globe 2021

Chadwick Boseman.
Chadwick Boseman.

BOGOR-RADAR BOGOR, Mendiang aktor Chadwick Boseman dinobatkan sebagai aktor film terbaik di penghargaan Golden Globe 2021, Ahad (28/2) waktu setempat.

Penghargaan ini ia dapatkan enam bulan berselang setelah kabar kematiannya mengejutkan penggemar di seluruh dunia.

Aktor yang dikenal lewat peran “Black Panther” mendapat penghargaan aktor terbaik di Golden Globe untuk perannya sebagai pemain terompet ambisius di film drama jazz 1920-an “Ma Rainey’s Black Bottom”.

Penghargaan itu diterima oleh istrinya, Simone Ledward Boseman, yang menyampaikan pidato menyentuh hati atas nama sang suami.

“Dia menyampaikan sesuatu yang indah,” kata dia, dilansir dari reuters, Senin (1/3).

“Ma Rainey” adalah film terakhir Boseman. Penghargaan Golden Globe menandai penghargaan Hollywood terbesar untuk sang aktor sepanjang kariernya di televisi dan film. Perannya di film itu juga memenangi beberapa penghargaan lain dari grup kritikus film, tapi dia belum pernah mendapatkan nominasi Oscar atau Golden Globe saat masih hidup.

Boseman meninggal pada Agustus 2020, merahasiakan penyakit kanker kolon yang dideritanya selama empat tahun. Dalam “Ma Rainey,” adaptasi dari pentas berjudul sama, Boseman memainkan pemain terompet Levee, haus akan perubahan, yang bentrok dengan penyanyi blues Ma, diperankan oleh Viola Davis, pada hari yang panas di studio rekaman Chicago pada 1920-an.

Dalam salah satu adegan kunci, Levee berseru melawan Tuhan karena tidak mempedulikan orang-orang kulit hitam dalam pidato yang disebut rekan-rekan mainnya membuat mereka merinding saat syuting. Meski mereka tidak tahu sang aktor sedang berjuang melawan kanker.

“Sesuatu yang sangat spiritual terjadi pada saat itu. Itu adalah sesuatu yang tidak dapat Anda lupakan. Itu adalah momen yang luar biasa,” kata aktor Michael Potts dalam sebuah wawancara tahun lalu.

Boseman juga dinominasikan untuk penghargaan Screen Actors Guild bulan depan. Diperkirakan akan menjadi kandidat kuat Oscar yang nominasinya diumumkan pada pertengahan Maret.

Editor : Rany P Sinaga
Sumber : Republika