Beranda Bogor Raya Langgar Prokes di Perbatasan Tangerang, Kendaraan Diputar Balik

Langgar Prokes di Perbatasan Tangerang, Kendaraan Diputar Balik

Operasi PPKM Skala Mikro di Desa Mekarsari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Senin (1/3/2021). Septi/Radar Bogor

RUMPIN-RADAR BOGOR, Operasi PPKM Skala Mikro di Desa Mekarsari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, pastikan kendaraan yang tidak mematuhi protokol kesehatan diputar balik. Seperti di Jalan Raya Lapan, kendaraan dari arah Tangerang, Banten dengan kelebihan kapasitas diputar balik petugas pada akhir pekan lalu.

“Kita juga merupakan akses dari luar wilayah, kebanyakan tidak pakai masker dan kendaraan melebihi kapasitas, ada juga yang kita putar balik,” ujar Babinmas Desa Mekarsari, Aiptu Ateng Nasuta kepada media, Senin (1/3/2021).

Menurutnya, sekitar 50 orang terjaring operasi lantaran melanggar protokol kesehatan. Pelabggar sendiri didominasi dari luar wilayah Rumpun seperti Tangerang dan Kecamatan Parung Panjang.

Dalam razia tersebut, selain dari kepolisian, juga melibatkan aparat TNI, petugas medis Puskesmas Rumpin dan Satgas Covid-19 Desa Mekarsari.

“Sanksinya kita berikan sanksi sosial, kita lakukan operasi mandiri untuk menyadarkan masyarakat, karena kita tidak tahu siapa yang membawa virus,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari, Hendrik menuturkan, hasil evaluasi kondisi penyebaran virus di desanya saat ini berstatus zona kuning.

Meskipun begitu, Operasi Yustisi bakal rutin dilakukan pihaknya untuk terus menyadarkan masyarakat betapa pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Kemarin ada 50 pelanggar yang mayoritas dari wilayah luar. Kebetulan pada hari libur banyak yang lalu lalang dari luar wilayah seperti Tangerang dan Parung Panjang ke Kecamatan Rumpin,” tuturnya.

Dirinya mengimbau kepada warganya untuk terus waspada dan tidak lelah melaksanakan protokol kesehatan. “Agar penyebaran bisa diminimalisir dan pemdes berharap pandemi ini segera berakhir,” tandasnya.(cok)

Reporter: Septi Nulawam Harahap
Editor: Alpin