25 radar bogor

Banjir Kawasan Stadion Pakansari, DPUPR Salahkan Sampah PKL

Banjir-pakansari
Banjir di sekitar kawasan Stadion Pakansari, Minggu (28/2/2021).
Banjir-pakansari
Banjir di sekitar kawasan Stadion Pakansari, tepatnya di Jalan Raya Kolonel Edi Yoso, Minggu (28/2/2021).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bogor menyalahkan pedagang kaki lima (PKL), terkait banjir di sekitar kawasan Stadion Pakansari, tepatnya di Jalan Raya Kolonel Edi Yoso, Minggu (28/2/2021) sore.

Pedestrian Pakansari Banjir, Komisi III Ungkap Penyebabnya

Sampah dari hasil aktivitas PKL tersebut, membuat saluran drainase pendestrian tersumbat, hingga akhirnya menyebabkan banjir.

“Jadi banjir itu akibat tersumbatnya drainase disebabkan tumpukan sampah, dan semua rata-rata titik tersumbat,” kata Kepala DPUPR Kabupaten Bogor Bibin Soebiantoro kepada wartawan.

Bibin berkilah, mengenai sampah penanganannya ada di dinas lain dan pihaknya sedang melakukan koordinasi terkait masalah tersebut.

“Itu bukan ranah kita ada dinas lain juga, dan saya akan koordinasi dengan Dinas LH. Karena saat ini sudah dilakukan pembersihan,” cetusnya.

Lebih lanjut ia menegaskan, penyumbatan terjadi akibat banyaknya PKL yang membuah sampah sembarangan.

“Ada sampah daun juga, plastik, bahkan di situ banyak PKL yang sering membuat sampah sembarang,” kilahnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridhalah menambahkan, bahwa kondisi banjir bukan disebabkan oleh sampah pedagang kaki lima. Karena, sudah tidak ada PKL yang mangkal.

“Urusan sampah bukan saya, karena di sepanjang jalan tersebut pedagang kaki lima sudah kita bersihkan, bahkan setiap Sabtu dan Minggu ditutup,” tuturnya.

“Setiap hari PKL-nya tidak seperti dulu meskipun ada sebagian hanya tak begitu ramai,” pungkasnya. (nal)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep