Beranda Bogor Raya Vaksin Tahap Pertama Rampung, Pemkab Sasar 4.370 Nakes yang Membuka Praktik Mandiri

Vaksin Tahap Pertama Rampung, Pemkab Sasar 4.370 Nakes yang Membuka Praktik Mandiri

Petugas menurunkan vaksin gelombang II di Kantor Dinkes Kabupaten Bogor, Rabu (24/2/2021). Foto: Hendi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah menuntaskan program vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Bumi Tegar Beriman yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes).

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Kabupaten Bogor, Achmad Zaenudin mengatakan, selama dua hari terakhir, Dinas Kesehatan telah melakukan program vaksinasi yang diperuntukan bagi nakes yang bertugas di klinik dan penunjang lainnya di Klinik kesehatan.
“Vaksin yang tersedia saat ini untuk 4.370 orang, pelaksanaan dilakukan Sabtu dan Minggu,” ujar Achmad Zaenudin, kepada Radar Bogor, Minggu (28/2/2021).

Sebanyak 4.370 vaksin sendiri menyasar bagi nakes yang praktek mandiri baik itu dr/drg, bidan, perawat), apotik dan laboratorium/yang belum mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan ke dua.

Mulanya, Pemkab Bogor sudah mendistribusikan sebanyak 25.600 dosis vaksin pada tahap pertama. Rincianya, vaksin didistribusikan kepada 12.800 tenaga kesehatan yang terdaftar sebagai penerima vaksin di Kabupaten Bogor.

“Pelaksanaan vaksinasi untuk nakes sendiri karena Pemkab Bogor mendapat tambahan jatah vaksin,” kata Zein-sapaan Achmad Zaenudin.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi bagi nakes yang sebelumnya belum terkover dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) terdekat sesuai domisili dengan membawa fotocopi surat tanda registrasi (STR), KTP, surat keterangan dari pimpinan klinik bagi nakes penunjang lainnya dan format skrining yang sudah diisi lengkap nama, NIK dan yang lainnya.

“Tetapi bagi yang belum mendaftarkan diri atau terdaftar melalui SISDMK sebelumnya melakukan registrasi langsung di tempat pelayanan vaksinasi. Puskesmas hanya melayani vaksinasi pertama pada Hari Sabtu dan Minggu dan vaksinasi ke 2 sesuai.Jadwal yang ditentukan oleh Puskesmas,” paparnya.

Sebanyak 21 puskesmas memberikan pelayanan vaksinasi nakes Kabupaten.Bogor, rincianya Puskesmas Jonggol; Cileungsi; Gunungsindur; Tajurhalang. Kemudian, Puseksmas Rancabungur; Bojonggede; Cirimekar; Citeureup; Gunungputri; Puseksmas Cimandala.

“Sebaran Puskesmas lainnya yakni Puskesmas Karadenan; Ciawi: Sirnagalih; Cigombong; Caringin; Dramaga; Leuwiliang; Cibungbulang; Ciampea; Jasinga, dan terakhir Puskesmas Cigudeg,” katanya.

Zein tak lupa mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan lima aksi yakni memakai masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan dengan sabun.

“Kemudian menghindari kerumunan, serta menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat cukup serta terus mengkonsumsi makanan bergizi,” tukasnya.(ded)

Reporter: Dede
Editor : Rany P Sinaga