Beranda Bogor Raya Peringati HPSN 2021, Indocement dan KRL SS45 Ajak Masyarakat Daur Ulang Sampah...

Peringati HPSN 2021, Indocement dan KRL SS45 Ajak Masyarakat Daur Ulang Sampah  

Indocement
Kegiatan webinar bertajuk ‘Kelas Daur Ulang’, yang digelar Indocement dalam rangka HPSN 2021.

CITEUREUP – RADAR BOGOR, Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. (Indocement) Kompleks Pabrik Citeureup, bersama Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Sawargi Sadaya 45 (SS45) melakukan edukasi sampah kepada masyarakat.

Melalui webinar yang bertajuk ‘Kelas Daur Ulang’, Indocement mengangkat program pengelolaan sampah di salah satu desa mitra Indocement, yaitu di Kampung Cigeger, Desa Citeureup, Kabupaten Bogor.

Pengelolaan sampah di Kampung Cigeger yang digerakkan oleh KRL SS45, merupakan salah satu program unggulan Indocement dalam hal perberdayaan berkelanjutan.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Edukasi pengelolaan sampah dalam webinar ini disampaikan dalam empat sesi pertemuan yang berbeda (21 & 28 Februari dan 7 & 14 Maret 2021).

Dengan menghadirkan narasumber berkompeten, materi edukasi pengelolaan sampah yang dibahas dalam webinar tersebut antara lain, pengantar peraturan perundang-undangan pengelolaan lingkungan dan juga praktiknya di lapangan.

Seperti teknik penanganan limbah lingkungan melalui Bank Sampah, teknik pembuatan kompos skala rumah tangga dan daur ulang sampah non organik hingga strategi penjualan hasil pengolahan limbah.

Peserta webinar juga diajak untuk tur secara virtual ke area Unit Pengelolaan Kebersihan (UPK) SS45 dan kebun anggur di KRL SS45.

Dengan demikian peserta dapat melihat via daring bagaimana praktek pengelolaan sampah yang telah dilakukan di UPK SS45 dan juga hasil budidaya anggur yang dikembangkan oleh KRL SS45.

Peserta sendiri berasal dari berbagai kalangan dan tingkatan umur. Mulai dari masyarakat umum, pelajar, karang taruna, serta pemerhati ataupun praktisi yang peduli terhadap lingkungan yang diseleksi secara terbatas (20 peserta setiap sesi).

“Indocement sangat mendukung kegiatan lingkungan yang ada di desa mitra. Agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah tentunya butuh kerja keras dan partisipasi aktif dari setiap warga,” ujar Gadang Wardono selaku CSRS Division Manager dalam keterangan rilisnya.

Menurut Gadang, perlu dibangun adanya rasa peduli dan tanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan oleh masing-masing individu melalui berbagai sosialisasi, salah satunya ‘Kelas Daur Ulang’ yang dilakukan oleh Indocement.

Selain itu, lanjutnya, Indocement mengajak perusahaan lain untuk kedepannya dapat ikut serta mendukung kegiatan pengelolaan sampah yang ada di masyarakat sekitar.

“Sehingga lingkungan yang bersih dari sampah dapat tercipta dan turut menggerakkan sirkular ekonomi di masyarakat setempat,” pungkas Gadang.

HPSN yang diperingati secara nasional setiap 21 Februari, ditetapkan sebagai pengingat bangsa Indonesia bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam pengelolaannya.(cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep