Beranda Bogor Raya Besok Vaksinasi Tahap Dua Dimulai, Cek Titik Lokasinya

Besok Vaksinasi Tahap Dua Dimulai, Cek Titik Lokasinya

Vaksin-tiba-di-bogor
Vaksin Covid-19 tahap dua saat tiba di Kabupaten Bogor, Rabu (24/2/2021). ARIFAL/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR, Program Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor sudah memasuki tahap kedua dengan menyasar pelayan publik dan lanjut usia (lansia). Program vaksinasi tahap dua akan dimulai pada Senin, (28/2/2021).

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Kabupaten Bogor, Achmad Zaenudin, program vaksinasi tahap dua menyasar TNI, dan Polri, serta anggota Satpol PP Kabupaten Bogor.

Rinciannya, Pemkab Bogor mendapatkan jatah sebanyak 7.730 vaksin coronavac untuk tahap kedua yang diperuntukan untuk anggota Polres Bogor, kemudian TNI di Kodim 0621 dan di Lanud Atang Sanjaya begitu pula yang lainnya.

“Mulai Senin (1/3/2021) akan dilaksanakan vaksinasi di Polres, dilanjutkan ke Kodim dan Satpol PP,” ucap Zein-sapaan Achmad Zaenudin.

Untuk tahap kedua, Pemkab Bogor menerima vaksin Coronavac dengan kemasan multi-dose, karena lebih cocok untuk vaksinasi massal seperti saat ini.

“Dalam satu ampul vaksin bisa untuk 9 penerima vaksin total 5 ml dalam satu vial,” katanya.

Pemkab Bogor telah memiliki data penerima vaksin tahap dua, rincianya untuk Polisi sebanyak 1.863, TNI 1.706 dan Satpol PP 800 orang, sisanya untuk kelompok lansia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Dedi Syarif mengatakan, program vaksinasi tahap dua sasarannya sebagian nakes, TNI, Polri, Satpol PP Kabupaten Bogor dan kelompok lansia.

Dedi menjelaskan, vaksinasi pada tahap dua di Kabupaten Bogor tetap memasukan data nakes karena pada tahap pertama belum menyasar seluruhnya.

Dari total 18.718 nakes yang terdata sebagai penerima vaksin tahap pertama, Kabupaten Bogor hanya menyasar 12.800 nakes.

“Jadi masih kurang 5.000 an nakes. Dari total tersebut, sisa vaksin kemarin kita masih menyisakan 600 dosis vaksin yang bisa dimanfaatkan pada dua. Hari inu kita kan mendapatkan tambahan untuk nakes 7.726 dosis,” katanya.

Dari total tersebut, sebanyak 5.000 diambil untuk jatah Nakes, dan sisanya sekitar 30.000 vaksin digunakan untuk program vaksinasi tahap dua,” tukasnya.(ded)

Reporter : Dede
Editor : Rany P Sinaga