25 radar bogor

Alfamart Ajak Minimalkan Sampah Rumah Tangga dengan Berkebun

Alfamart berkolaborasi dengan Kertabumi Recycling Center mengajak masyarakat untuk berkebun dengan memanfaatkan sampah organik melalui kegiatan webinar.
Alfamart berkolaborasi dengan Kertabumi Recycling Center mengajak masyarakat untuk berkebun dengan memanfaatkan sampah organik melalui kegiatan webinar.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari, Alfamart berkolaborasi dengan Kertabumi Recycling Center mengajak masyarakat untuk berkebun dengan memanfaatkan sampah organik melalui kegiatan webinar.

“Peserta bisa menggunakan wadah dari botol plastik bekas atau dengan plastik bekas minyak goreng, dengan memanfaatkan sampah-sampah yang ada dirumah yang sudah tidak terpakai untuk mulai berkebun,” ujar Pendiri Kertabumi Recycling Center, Ikbal Alexander, Jumat (26/2/2021).

Menurutnya, aktivitas berkebun dengan menanam sayuran sangat banyak manfaatnya, selain bisa dikonsumsi sendiri saat panen, juga bisa mengurangi sampah rumah tangga dan meningkatkan swasembada pangan.

Ikbal menjelaskan, untuk berkebun dirumah, bisa dimulai secara bertahap dan sesuaikan jumlah tanaman dengan ketersediaan waktu. Mulai dengan 4 tanaman, lalu tambah 2 tanaman setelah panen dan seterusnya.

“Urban farming ini atau kegiatan menanam tanaman bisa menjadi ruang produktif di masa pandemi, karena banyak manfaaatnya. Seperti dapat menghasilkan bahan pangan sendiri dan aman dikonsumsi untuk keluarga,” jelas Branch Manager Alfamart Cileungsi, Yosef Risdianto Branch Manager Alfamart Cileungsi.

Ratusan peserta sangat antusias dengan kegiatan webinar ini, tentunya dengan semangatnya para peserta pelatihan, kegiatan webinar akan terus dilakukan dengan tema yang berbeda.

Salah satu peserta dari Bogor, Ratih mengaku sangat senang mengikuti pelatihan ini, karena baru pertama mencoba dan ternyata bahan-bahannya juga sangat mudah didapat.

“Berharap pelatihan seperti ini diadakan lagi dan berkelanjutan, karena sangat positif sekali dan saya merasa mendapatkan pengetahuan dari webinar berkebun ini,” tukasnya.(ded)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Alpin