25 radar bogor

Shopee Bersiap Rambah Pasar Ekspor Thailand dan Vietnam

Ilustrasi kantor Shopee (Dok. JawaPos.com)
Ilustrasi kantor Shopee (Dok. JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tahun ini, Shopee Indonesia berencana melebarkan sayap agar produk UMKM dapat diekspor lebih luas ke luar negeri. Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengungkapkan, tahun ini pihaknya akan menginvasi Thailand dan Vietnam dengan produk lokal buatan dalam negeri.

“Kita sudah di Malaysia, Singapura dan Filipina. Di 2021 ini kita akan menambah pasar baru, yaitu Thailand dan Vietnam. Kita akan menambah jumlah eksportir dari lokal untuk global, kita akan tingkatkan penjualannya di pasar mancanegara,” jelas dia dalam webinar Tiga Tahun Kreasi Nusantara, Dukung Ekspor Indonesia, Kamis (25/2).

Untuk merealisasikannya, Shopee bersinergi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk terus mendorong, mendukung dan memberikan akses untuk melakukan ekspor dari UMKM di Indonesia ke luar negeri.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan, pihaknya mengapresiasi komitmen Shopee untuk mendukung mengembangkan UMKM. Pasalnya, UMKM menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap perputaran roda ekonomi dan ekspor di Indonesia.

“Kami turut senang dan sangat mengapresiasi dukungan penuh terhadap UMKM dari Shopee Indonesia untuk penyaluran program inovatif dan terutama program Ekspor yang diberikan selama ini,” imbuhnya.

Pihaknya memiliki harapan agar program Kreasi Nusantara ini dapat terus berlanjut dan menyasar UMKM lebih luas lagi. Pelatihan, edukasi dan pendampingan juga harus ditingkatkan lagi.

“Kami berharap, semakin efektifnya perkembangan program yang dijalankan, guna merealisasikan komitmen agar UMKM dapat berkualitas global di tengah literasi penerapan digital saat ini,” ujarnya.

Radityo turut menyambut baik harapan pemerintah kepada Shopee. Kata dia kedepannya, sinergi dengan pemerintah akan terus ditingkatkan guna senantiasa mendukung keberlangsungan UMKM dengan peluang ekspor.

“Shopee juga akan turut berpartisipasi dalam program kolaborasi “500.000 Eksportir Baru” yang menargetkan terwujudnya 500 ribu pelaku eksportir di tahun 2030,” ungkapnya. (ran)

Editor : Rany P Sinaga
Sumber : Jawapos