25 radar bogor

Resmi Ditetapkan Tersangka, Ini Rincian Modus EH Selewengkan Dana Desa Sukawangi

MAntan Kades sukawangi, Sukamakmur di bawa petugas ke Polres Bogor sebagai tahanan titipan sementara, Kamis (25/2/2021). foto : Hendi
MAntan Kades sukawangi, Sukamakmur di bawa petugas ke Polres Bogor sebagai tahanan titipan sementara, Kamis (25/2/2021). foto : Hendi.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Kepala Kejari Kabupaten Bogor Munaji mengungkapkan modus operandi yang dilakukan EH, Mantan Kepala Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Menurutnya, dari penyelidikan yang dilakukan Kejaksaan ditemukan enam item kegiatan tahun anggaran 2019 yang diselewengkan oleh dirinya.

Ke enam kegiatan tersebut rincianya, pertama mengenai kegiatan betonisasi Jalan Kampung Gombong dengan anggaran Rp286 juta. Dari total anggaran tersebut, Munaju menjelaskan EH tidak merealisasikan kegiatan tersebut sepenuhnya.
Kemudian, kegiatan betonisasi Jalan Kampung Catangmalang dengan anggaran Rp300 juta lebih yang tidak terealisasi kegiatanya.

“Jadi memang anggaran tidak digunakan sama sekali, tetapi uangnya diambil. Betonisasi Jalan Kampung Sukahurip dengan anggaran Rp190 juta lebih lagi-lagi tidak terealisasi, nol sama sekali kegiatanya,” ucap Munaji kepada Radar Bogor, Kamis (25/2/2021).

Munaji memaparkan, kegiatan lainnya yang diselewengkan yakni kegiatan betonisasi Jalan Kampung Sukahurp Ciparingga dengan anggaran Rp217 juta. Munaji menjelaskan, pada kegiatan tersebut juga tidak terealisasi sepenuhnya sehingga masih menyisakan anggaran sebesar Rp67 juta.

Kegiatan lainnya, yakni rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang juga disalah gunakan. Dari total jatah 11 unit di Desa Sukawangi, rupanya EH hanya merealisasikan empat unit saja., Sedangkan tujuh kegiatan rehabilitasi lainnya tidak dimanfaatkan untuk pembangunan masyarakat.

“Ada juta bantuan keuangan Bumdes tahun 2019. Anggaran itu berasal dari Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 100 juta,” katanya. Modus operandinya, uang tersebut hanya diserap sebagian kecilnya saja sedangkan Rp92 juta masuk ke kantong pribadinya.

“Jadi dari semua kegitan, jumlah kerugian negaranya yang sudah ditotal sebesar Rp905 juta,” tukanya.(ded)

Reporter : Dede
Editor : Rany P Sinaga